PENGARUH PERSEPSI TERHADAP MINAT UNTUK BERKUNJUNG KE GREEN HOTEL

DEJAN FADILAHSYAH, . (2024) PENGARUH PERSEPSI TERHADAP MINAT UNTUK BERKUNJUNG KE GREEN HOTEL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy

Abstract

Persepsi Green Hotel adalah proses pemahaman dan penilaian subjektif yang dimiliki oleh individu terhadap hotel yang menerapkan praktik-praktik ramah lingkungan atau berkelanjutan dalam operasional dan pengelolaannya. Minat berkunjung adalah kecenderungan seseorang untuk melakukan kunjungan atau datang ke suatu tempat dengan tujuan dan alasan tertentu. Persepsi memiliki peran penting dalam minat untuk berkunjung konsumen. Jika konsumen memiliki persepsi yang positif terhadap suatu hotel, mereka lebih cenderung untuk menunjukkan minat berkunjung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan pengambilan data pada bulan Juni hingga Juli 2024. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner menggunakan Google Form. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan kriteria berdomisili DKI Jakarta dan dewasa awal 18-40 tahun, karena populasi anggota tidak diketahui secara pasti jumlahnya, ukuran populasi diperhitungkan dengan rumus cochran dan dengan purposive sampling sebagai teknik penentuan sampelnya dengan kriteria tambahan yang sudah pernah menginap di hotel, Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen masuk pada kategori sedang dan minat untuk berkunjung masuk pada kategori sedang. Hasil uji regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi konsumen terhadap minat untuk berkunjung dengan p-value sebesar 0,000<0,05. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi persepsi konsumen maka semakin berminat juga konsumen untuk mengunjungi suatu hotel. (*****) Green Hotel Perception is the process of understanding and subjective assessment by individuals towards hotels that implement environmentally friendly or sustainable practices in their operations and management. Visit Interest refers to the tendency of a person to visit a place with specific purposes and reasons. Perception plays a crucial role in consumers' interest in visiting; if consumers have a positive perception of a hotel, they are more likely to show interest in visiting. The study used a quantitative associative approach, with data collection conducted from June to July 2024. Data was gathered by distributing questionnaires via Google Forms. The research employed a non-probability sampling technique, targeting residents of DKI Jakarta who are young adults aged 18-40 years. Since the exact population size is unknown, Cochran's formula was used to calculate the population size, with purposive sampling as the technique for determining the sample, including the additional criteria that participants must have previously stayed in a hotel. The study results indicate that consumer perception falls into the moderate category, and interest in visiting also falls into the moderate category. The regression test results in this study show that there is an influence of consumer perception on the interest in visiting, with a p-value of 0.000, which is less than 0.05. This study demonstrates that the higher the consumer perception, the greater the interest of consumers in visiting a hotel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Elmanora, S.Si., M.Si. 2). Jaka Marsita, S.Hum., M.Par.
Subjects: Ilmu Sosial > Pariwisata
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 24406 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:59
Last Modified: 01 Aug 2024 03:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47818

Actions (login required)

View Item View Item