CAHYANI PUSPITARINI NGAZIS, . (2024) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF “MATERI CEDERA” DALAM PELATIHAN PERTOLONGAN PERTAMA DI PMR SMA NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (750kB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (696kB) |
|
Text
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 PROSEDUR PENGEMBANGAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4 HASIL PENGEMBANGAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5 KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa video interaktif “Cedera” untuk membantu pemahaman belajar pengguna. Sasaran utama penelitian ini yaitu anggota palang merah remaja SMA Negeri 5 Jakarta. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Hannafin & Peck yang terdiri dari tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi serta evaluasi dan revisi di setiap tahapnya. Hasil pengembangan ini adalah 5 produk video yaitu 1 video pengantar dan 4 video interaktif materi ”Cedera”. Evaluasi formatif yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan review ahli dan pengguna. Hasil review ahli (expert review) menunjukkan perlunya beberapa perbaikan dari aspek materi, pembelajaran, dan media. Hasil uji kelayakan produk (expert judgement) diperoleh skor 3,80 dari ahli materi, skor 4,00 dari ahli pembelajaran, dan skor 3,80 dari ahli media. Dari ketiga perolehan skor tersebut maka produk pengembangan ini masuk ke dalam kategori berkualitas sangat baik. Selain itu, dilakukan uji coba one-to-one yang melibatkan 3 anggota mendapat respon positif dan uji coba Small group dengan melibatkan 9 mahasiswa yang terbagi menjadi 3 kelompok mendapat skor 3,84 kategori sangat baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran video interaktif yang dihasilkan sudah dapat digunakan oleh anggota palang merah remaja SMA Negeri 5 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Retno Widyaningrum, S.Kom, M.M. 2) Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 23415 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:56 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47829 |
Actions (login required)
View Item |