RAHMAFITRI ADESURYANI, . (2024) PENGARUH PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP TINGKAT DISREGULASI EMOSI PADA MAHASISWA YANG MELAKUKAN NON-SUICIDAL SELF-INJURY DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (477kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (151kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V KESIMPULAN, IMPILIKASI, DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan regulasi emosi terhadap tingkat disregulasi emosi pada mahasiswa yang melakukan non-suicidal self-injury (NSSI) di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode pra-eksperimental dengan desain one group pre-test and post-test. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan paired sample t-test. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 6 mahasiswa dengan riwayat pernah melakukan perilaku NSSI selama 12 bulan terakhir. Perlakuan yang diberikan adalah pelatihan untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi partisipan. Instrumen alat ukur yang digunakan sebagai pre-test dan post-test adalah Difficulties in Emotion Regulation Scale (DERS) yang dikembangkan oleh Gratz dan Roemer (2004). Hasil yang didapatkan melalui penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh signifikan pelatihan regulasi emosi terhadap tingkat disregulasi emosi pada mahasiswa yang melakukan non-suicidal self-injury di Universitas Negeri Jakarta. Kata Kunci: disregulasi emosi, non-suicidal self-injury, mahasiswaregulasi emosi ***** The aims of this research is to determine the effect of emotion regulation on the level of emotional dysregulation in students who commit non-suicidal self-injury (NSSI) at State University of Jakarta. The research method used by researchers is a pre-experimental with a one group pre-test and post-test design. This research hypothesis test used paired sample t-test. The participants involved in this research were 6 students with history of having done NSSI behavior during the last 12 months. The treatment given is training to improve participants emotion regulation skills. The measuring instrument used as a pre-test and post-test is the Difficulties in Emotion Regulation Scale (DERS) developed by Gratz and Roemer (2004). The results obtained through this research were that there was no significant effect of emotion regulation training on level of emotion dysregulation in students who committed non-suicidal self-injury at State University of Jakarta. Keywords: emotion regulation, emotion dysregulation, non-suicidal self-injury, students
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Santi Yudhistira, M.Psi ; 2) Fildzah Rudyah Putri, S.Psi., M.Si |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 24350 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:41 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47844 |
Actions (login required)
View Item |