ERVINA RIZKIAH, . (2024) MANAJEMEN TRACER STUDY DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (394kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (352kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tracer study merupakan upaya melacak kegiatan alumni dalam rangka mengetahui situasi alumni setelah lulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kegiatan tracer study di SMKN 25 Jakarta yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, serta pemanfaatan hasil tracer study dalam rangka meningkatkan mutu lulusannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskrtiptif analitik, serta menggunakan triangulasi yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKN 25 Jakarta sudah melaksanakan manajemen tracer study yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan tracer study dilakukan dengan koordinasi antar pengelola, sosialisasi, menentukan instrumen, metode, dan teknik, serta menghimpun kontak siswa. Pengorganisasian dilaksanakan dengan mendelegasikan tugas dan wewenang kepada pengelola dengan mempertimbangkan kemampuan yang dimiliki, serta mempersiapkan sumber daya yang dibutuhkan. Pelaksanaan tracer study dilakukan tiga bulan sekali secara online menggunakan google form. Pengawasan dilakukan dengan mengingatkan alumni untuk mengisi tracer study dan mengatasi hambatan yang terjadi. SMKN 25 Jakarta sudah memanfaatkan hasil tracer study dalam meningkatkan mutu lulusan, yakni dengan menjadikan hasil tracer study sebagai tolok ukur untuk menilai capaian atau keberhasilan sekolah dalam menghasilkan lulusan yang bermutu. Melalui upaya peningkatan mutu lulusan yang diselenggarakan oleh sekolah, lulusan SMKN 25 Jakarta sudah dapat dikatakan memiliki mutu yang baik, sebab lulusannya sudah mampu menjalankan perannya di berbagai bidang kegiatan dengan memanfaatkan kompetensi yang dimiliki. ***** Tracer study is an activity to track alumni activities to understand their situation after graduation. This research aims to understand the management of tracer study activities at SMKN 25 Jakarta, which includes planning, organizing, actuating, and controlling, as well as the efforts of SMKN 25 Jakarta in improving the quality of their graduates. This research employs a qualitative approach with descriptive-analytical methods and uses triangulation, including observation, interviews, and documentation as data collection techniques. The results show that SMKN 25 Jakarta has implemented tracer study management, includes planning, organizing, actuating, and controlling. The planning of the tracer study is conducted through coordination among staff, socialization, determining instruments, methods, and techniques, and collecting student contacts. The organization is carried out by delegating tasks and authorities to staff based on their capabilities and preparing the necessary resources. The tracer study is conducted online using Google Forms every three months. Controlling involves reminding alumni to fill out the tracer study and addressing any hindrance encountered. SMKN 25 Jakarta has utilized the results of the tracer study to improve the quality of graduates by using the results as a benchmark to assess the school's success in producing high-quality graduates. Through the school's efforts to improve the quality of graduates, SMKN 25 Jakarta's graduates can be considered to have good quality, as they can perform their roles in various fields by utilizing their competencies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Masduki, S.H., M.M ; 2). Dr. Siti Rochanah, M.M |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 22973 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 07:05 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47859 |
Actions (login required)
View Item |