IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MELALUI PEMBUATAN MUSEUM MINI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 17 JAKARTA

ASYILLAH SYITARA, . (2024) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MELALUI PEMBUATAN MUSEUM MINI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 17 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yaitu: (1) Mengetahui perencanaan proyek Museum Mini dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 17 Jakarta, (2) Mengetahui pelaksanaan proyek Museum Mini di SMA Negeri 17 Jakarta, (3) Mengetahui kendala yang terjadi pada saat pembuatan proyek Museum Mini dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 17 Jakarta. Metode Kualitatif dalam penelitian ini melalui pendekatan studi kasus dengan memperoleh data penelitian melalui dua macam informan yaitu informan kunci dan informan inti. Sesuai dengan metode kualitatif, pengumpulan data pada penelitian ini melalui tahapan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek/Project Based Learning (PJBL) yang dilakukan di SMAN 17 Jakarta melalui pembuatan Museum Mini telah sesuai dengan cara belajar di dalam Kurikulum Merdeka agar peserta didik terbiasa serta membangkitkan kreatifitas peserta didik dan juga bernalar kritis. Pembelajaran berbasis proyek menolong siswa untuk mengembangkan beragam pengalaman, meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan juga sikap agar tercermin nilai-nilai yang sesuai dengan pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila dan bisa mereka terapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. ***** This research aims to obtain data, namely: (1) To know the planning of the Mini Museum project in history learning at SMAN 17 Jakarta, (2) To know the implementation of the Mini Museum project at SMAN 17 Jakarta, (3 ) Know the obstacles that arose during the creation of the Mini Museum project in learning history at SMAN 17 Jakarta. The qualitative method of this research uses a case study approach by obtaining research data through two types of informants, namely, key informants and central informants. According to qualitative methods, data collection in this research went through the stages of observation, interviews and documentation. The research results show that learning through the Project Based Learning (PJBL) model carried out at SMAN 17 Jakarta by creating a Mini Museum is in accordance with the way of learning in the Merdeka Curriculum so that students get used to it and Stimulate students' creativity and critical reasoning. Project-based learning helps students develop a variety of experiences, improve knowledge, skills and attitudes so that they reflect values consistent with the character development of the Pancasila Student Profile and that they can apply in their daily lives.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nur'aeni Marta, S.S., M.Hum. ; 2). Firdaus Hadi Santosa, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 23371 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 23:52
Last Modified: 01 Aug 2024 23:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47879

Actions (login required)

View Item View Item