PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET

INDRA PERMANA, . (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (561kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendekatan interdisipliner untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran basket dribble juga relevan. Faktor psikologis seperti motivasi, persepsi harga diri, dan strategi mengatasi dalam menghadapi kegagalan juga dapat mempengaruhi hasil belajar pemain. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya mengeksplorasi aspek teknis belajar, tetapi juga memperluas pandangan kita tentang dinamika psikologis yang terlibat dalam proses belajar keterampilan olahraga. Basketball Dribble adalah salah satu persyaratan dalam proses belajar PJOK di sekolah menengah. Dalam proses belajar tentu saja setiap siswa memiliki keterampilan yang berbeda - berbeda. Dalam hal ini, guru PJOK ditugaskan untuk menggunakan strategi belajar yang memungkinkan untuk mencocokkan siswa. Penelitian ini adalah eksperimen desain faktor 2×2 karena terdiri dari dua faktor dan masing-masing faktor memiliki dua tingkat. Tujuan dari studi ini adalah untuk menentukan apakah dua strategi belajar, Strategi Belajar Inkuiri (SPI) dan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM), memiliki pengaruh yang lebih besar pada hasil belajar basket Dtibble. Semoga penelitian ini dapat membantu guru pendidikan fisik mengajarkan siswa mereka untuk berolahraga. Hasil penelitian dari validasi ahli dari kedua aspek, materi, media, bahasa dan pembelajaran menunjukkan bahwa strategi belajar dan kepercayaan diri efektif dan praktis dalam mempengaruhi hasil belajar. Pada tahap evolusi individu dan penilaian kelompok kecil menunjukkan pengaruh penerapan strategi pembelajaran dan kepercayaan diri digunakan dengan sangat baik. Dengan demikian, keberadaan strategi pembelajaran survey (SPI) dan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) dapat digunakan sebagai strategi belajar untuk melihat interaksi siswa dengan hasil belajar. Kata Kunci:Strategi Pembelajaran, Percaya Diri, Dribble bola basket Interdisciplinary approaches to understanding the factors that influence basketball dribble learning are also relevant. Psychological factors such as motivation, perception of self-esteem, and coping strategies in the face of failure can also influence player learning outcomes. Thus, this research not only explores the technical aspects of learning, but also expands our view of the psychological dynamics involved in the learning process of sports skills. Basketball Dribble is one of the demands in the learning process of PJOK in High School. In the process of learning of course each student has different skills – different. In this case, PJOK teachers are charged with using learning strategies that make it possible to match students. This research is a 2×2 factorial design experiment because it consists of two factors and each factor has two levels. The aim of this study was to determine whether the two learning strategies, the Inkuiri Learning Strategy (SPI) and the Problem-Based Learning Strategies (SPBM), had a greater influence on Dtibble basketball learning outcomes. Hopefully this research can help teachers of physical education teach their students to exercise. Research results from expert validation of both aspects, material, media, language and learning show that learning strategies and self-confidence are effective and practical in influencing learning outcomes. At the stage of individual evolution and small group evaluation show the influence of the application of learning strategy and confidence is very well used. Thus, the existence of inquiry learning strategies (SPI) and problem-based learning strategy (SPBM) can be used as a learning strategy to see the interaction of students with learning outcomes.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Dr. Hernawan, S.E, M.Pd 2. Dr. Fahmy Fachrezzy, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 24274 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:24
Last Modified: 02 Aug 2024 04:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47908

Actions (login required)

View Item View Item