PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI KELAS III SDN BENDUNGAN HILIR 01 JAKARTA PUSAT

RAHMAT EKO PRASETYO, . (2024) PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI KELAS III SDN BENDUNGAN HILIR 01 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter gotong royong siswa melalui permainan tradisional pada siswa keals III – C SDN Bendungan Hilir 01 Jakarta Pusat dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan rentang waktu November – Februari 2024 pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Karakter Gotong Royong siswa yang diharapkan harus mencapai keberhasilan sebasar >80% dengan target ketuntasan sebesar 80% dari jumlah seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan peningkatan karakter gotong royong setelah diterapkan permainan tradisional yang ditandai dengan karakter gotong royong siswa pada siklus III. Karakter Gotong royong siswa pada siklus I meraih persentase sebesar 60,71%/. Pada siklus II meningkat menjadi sebesar 75% . Pada siklus III kembali meningkat menjadi sebesar 89,28%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan tradisional dapat diterapkan untuk meningkatkan karakter gotong royong siswa. ***** This research aims to increase student mutual cooperation through traditional games for students in classes III – C at Bendungan Hilir 01 State Elementary School, Central Jakarta with a total of 28 students. This research was conducted over the period November – February 2024 in the even semester of the 2023/2024 academic year. The research method used in this research is Classroom Action Research (PTK) which adapts the Kemmis and McTaggart model which is carried out in three cycles where each cycle consists of four stages, namely, planning, implementing actions, observing and reflecting. The expected student cooperation must achieve success of >80% with a completion target of 80% of the total number of students. The results of the research showed that there was an increase in mutual cooperation after the implementation of traditional games characterized by student mutual cooperation in cycle III. Student mutual cooperation in cycle I achieved a percentage of 60.71%. In cycle II it increased to 75%. In cycle III it increased again to 89.28%. Thus it can be concluded that traditional games can be applied to improve student mutual cooperation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Julius Sagita, M.Pd 2). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23047 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2024 23:13
Last Modified: 04 Aug 2024 23:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47916

Actions (login required)

View Item View Item