HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PASAR REBO JAKARTA TIMUR

FATHYA NURSAFITRI, . (2024) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PASAR REBO JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
I.pdf

Download (965kB)
[img] Text
II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
VII.pdf

Download (502kB)
[img] Text
VIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self-efficacy dengan kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik kelas III Sekolah Dasar di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang ada di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur sebanyak 58 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster sampling. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas III Sekolah Dasar di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Artinya, semakin tinggi self-efficacy yang dimiliki peserta didik, maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat memahami kondisi personal peserta didik guna menciptakan iklim pembelajaran matematika yang dapat mengembangkan self-efficacy peserta didik karena self-efficacy yang tinggi akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. ***** This study aims to find out whether there is a relationship between self-efficacy and mathematical problem-solving ability in grade III elementary school students in Pasar Rebo District, East Jakarta. The sample in this study is 58 students in grade III in Pasar Rebo District, East Jakarta. Sampling was done using the cluster sampling technique. The method used is the correlational method. The data collection for this study uses a questionnaire instrument, and the test is then analyzed using a t-test. The results of this study showed that there was a positive and significant relationship between self-efficacy and the mathematical problem-solving ability of grade III elementary school students in Pasar Rebo District, East Jakarta. This means that the higher the self-efficacy that students have, the higher their mathematical problem-solving ability. Therefore, teachers are expected to be able to understand the personal conditions of students to create a mathematics learning climate that can develop students' self-efficacy because high self-efficacy will improve mathematical problem-solving skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fathya Nursafitri .
Date Deposited: 01 Aug 2024 23:18
Last Modified: 01 Aug 2024 23:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47925

Actions (login required)

View Item View Item