EFEKTIVITAS METODE TALAQI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS: TQ MADANI AL-WASHIYYAH)

SAHILA, . (2024) EFEKTIVITAS METODE TALAQI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS: TQ MADANI AL-WASHIYYAH). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy

Abstract

Metode talaqi adalah metode untuk menghafal Al-Quran dengan cara guru membacakan ayat Al-Quran kemudian siswa mengikuti nya. Metode talaqi dinilai cocok untuk menghafal Al-Quran bagi anak usia dini sebagaimana yang diterapkan di TQ Madani Al-Washiyyah. Metode talaqi efektif dalam meningkatkan hafalan Al-Quran bagi anak usia dini di TQ Madani Al-Washiyyah. Dengan karakteristik anak usia dini yang masih sulit untuk fokus, masih senang untuk mengeksplor menjadikan metode talaqi memiliki tantangan sendiri dalam pelaksanaan nya untuk menghafal alquran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode talaqi dari segi proses pembelajaran, baik pada tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dengan metode talaqi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian, pengecekan keabsahan dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Metode talaqi efektif untuk meningkatkan hafalan alquran bagi anak usia dini dari segi persiapan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya dua indikator pembelajaran efektif yang berkaitan dengan persiapan pembelajaran. 2) Metode talaqi efektif untuk meningkatkan hafalan alquran bagi anak usia dini dari segi pelaksanaan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana guru mengkondisikan kelas dan penguasaan guru terhadap metode talaqi itu sendiri. 3) Metode talaqi efektif untuk meningkatkan hafalan alquran bagi anak usia dini dari segi evaluasi pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari seberapa jauh kemampuan menghafal siswa dan hasil belajar siswa yang didapatkan saat ujian akhir. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari predikat akhir siswa TQ Madani Al- Washiyyah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil nya adalah lebih banyak siswa yang mendapatkan predikat dengan nilai antara 100%-70% dari pada siswa dengan nilai 70%-50% atau 50% kebawah. ***** The talaqi method is a method for memorizing the Al-Quran by means of the teacher reading verses of the Al-Quran then the students follow along. The talaqi method is considered suitable for memorizing the Al-Quran for young children as applied at TQ Madani Al-Washiyyah. The talaqi method is effective in improving memorization of the Al-Quran for young children at TQ Madani Al-Washiyyah. With the characteristics of young children who still find it difficult to focus, they still like to explore, making the talaqi method have its own challenges in implementing it to memorize the Koran. The aim of this research is to determine the effectiveness of the talaqi method in terms of the learning process, both at the preparation, implementation and evaluation stages of learning using the talaqi method. The type of research used is qualitative research with a descriptive qualitative approach. Data collection was carried out by observation, interviews, documentation and tests using data reduction, data presentation and drawing conclusions. Then, checking the validity is carried out using triangulation techniques. The results of the research reveal that: 1) The talaqi method is effective for increasing memorization of the Koran for young children in terms of learning preparation. This can be seen from the achievement of two indicators of effective learning related to learning preparation. 2) The talaqi method is effective for increasing memorization of the Koran for young children in terms of learning implementation. This can be seen from how the teacher conditions the class and the teacher's mastery of the talaqi method itself. 3) The talaqi method is effective for increasing memorization of the Koran for young children in terms of learning evaluation. This can be seen from the extent of students' memorization abilities and the student learning outcomes obtained during the final exam. Student learning outcomes can be seen from the final predicate of TQ Madani Al-Washiyyah students according to predetermined criteria. The result is that more students get a distinction with a score between 100% -70% than students with a score of 70% -50% or 50% or below.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Izzatul Mardhiah, S.Ag., M.A. ; 2). Rudi Muhamad Barnansyah, M.Pd.I.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 23395 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:10
Last Modified: 02 Aug 2024 04:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47931

Actions (login required)

View Item View Item