DINNE ELZA ZAKIAH, . (2024) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER..pdf Download (618kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (321kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen kesiswaan merupakan salah satu aspek yang penting dan dibutuhkan di lembaga pendidikan seperti pengelolaan peserta didik, yang dimulai dari input, proses, output, dan menjadi outcome dari lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan kesiswaan dalam peningkatan prestasi akademik dan non�akademik peserta didik di SMK Negeri 4 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa SMK Negeri 4 Jakarta SMK Negeri 4 Jakarta dalam melaksanakan perencanaan pembinaan peserta didik SMK Negeri 4 Jakarta bahwasanya yang pertama harus menganalisis kebutuhan peserta didik seperti kebutuhan yang diperlukan untuk lomba-lomba baik akademik maupun non�akademik. SMK Negeri 4 Jakarta perlu memilih guru pembimbing dan pelatih yang berkualitas. Pengorganisasian pembinaan peserta didik SMK Negeri 4 Jakarta bahwasanya seluruh pihak sekolah dalam hal ini perlu terlibat. SMK Negeri 4 Jakarta bahwasanya salah satu upaya yang dilakukan adalah melaksanakan latihan lomba setiap harinya dan dievaluasi secara langsung dan berkala oleh pelatih dan pembimbing dalam bidang tersebut. Selain diberikan pelatihan setiap harinya, memotivasi peserta didik juga perlu dilakukan agar peserta didik semakin semangat dalam meraih prestasinya. Selain itu, sekolah memberikan fasilitas terbaik, untuk mendukung pengembangan prestasi peserta didik. Dalam mencapai kesuksesan dalam lomba, pelatihan yang diberikan harus efektif dan membantu meningkatkan keterampilan siswa. Minat dan bakat peserta didik dapat diketahui melalui kegiatan ekstrakurikuler dan penyeleksian lomba. Pengawasan penghargaan yaitu dengan diberikan penghargaan. Jika ada yang berprestasi dibuatkan spanduk kemudian di media sosial SMK Negeri 4. Pengawasan penghargaan terdapat dalam buku tata tertib SMK Negeri 4 Jakarta, yaitu prosedur penilaian, alur pemberian poin, tahapan pembinaan, dan pemberian poin penghargaan. ***** Student management is one of the important and necessary aspects in educational institutions such as the management of students, which starts from input, process, output, and becomes the outcome of educational institutions. This study aims to determine the planning, organization, implementation, and supervision of student affairs in improving the academic and non-academic achievements of students at SMK Negeri 4 Jakarta. This research uses a descriptive qualitative approach. In collecting data using interview, observation, and documentation study methods. The techniques chosen in data analysis are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that SMK Negeri 4 Jakarta in carrying out the planning of coaching students of SMK Negeri 4 Jakarta that the first must analyze the needs of students such as the needs needed for competitions both academic and non-academic. SMK Negeri 4 Jakarta needs to choose qualified mentors and coaches. Organizing the coaching of students at SMK Negeri 4 Jakarta that all school parties in this case need to be involved. SMK Negeri 4 Jakarta that one of the efforts made is to carry out competition training every day and be evaluated directly and periodically by trainers and mentors in that field. Apart from being given training every day, motivating students also needs to be done so that students are more enthusiastic in achieving their achievements. In addition, the school provides the best facilities, to support the development of students' achievements. In achieving success in the competition, the training provided must be effective and help improve students' skills. Learners' interests and talents can be identified through extracurricular activities and competition selection. Supervision of awards is by giving awards. If there are achievers, a banner is made and then on the social media of SMK Negeri 4. Supervision of awards is contained in the order book of SMK Negeri 4 Jakarta, namely the assessment procedure, the flow of awarding points, the stages of coaching, and awarding points.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. PROF.DR. MASDUKI AHMAD, S.H.,M.M; 2. DR. SITI ROCHANAH, M.M. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 23129 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 23:24 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 23:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47953 |
Actions (login required)
View Item |