SAFRINA WATY, . (2024) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR LIFE SKILL TATA RIAS WAJAH PADA SISWA SMPN 138 TERBUKA CAKUNG 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER - TABEL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar life skill tata rias wajah di SMPN 138 Terbuka Cakung 3 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 138 Terbuka Cakung 3 Jakarta yang mengikuti kelas Life skill tata rias wajah sebanyak 32 siswa, dan sampel menggunakan Total Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur motivasi belajar dan nilai sekunder untuk mengukur hasil belajar life skill tata rias wajah. Data dianalisis menggunakan uji koefisien korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.385 dan p-value sebesar 0.030 (p < 0.05). Mayoritas siswa memiliki motivasi belajar dengan kategori sedang terdapat pada interval 88.939 – 99. 968 dengan persentase 47%, dan nilai hasil belajar dalam interval 69.9-75.9, dengan nilai persentase 47% berada pada kategori sedang juga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hubungan motivasi belajar memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan bagi para pendidik untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa agar dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Life Skill Tata Rias Wajah. ***** This research aims to determine the relationship between learning motivation and life skills learning outcomes for facial makeup at SMPN 138 Buka Cakung 3 Jakarta. This research uses quantitative methods with a correlational design. The population of this study was 32 students in class VIII at SMPN 138 Buka Cakung 3 Jakarta who took the Life Skills make-up class, and the sample used Total Sampling, which is a sampling technique where the number of samples is the same as the population. The data collection technique uses a questionnaire to measure learning motivation and secondary values to measure learning outcomes for facial makeup life skills. Data were analyzed using the Pearson Product Moment correlation coefficient test with the help of SPSS software. The research results show that there is a significant relationship between learning motivation and student learning outcomes, with a correlation coefficient of 0.385 and a p-value of 0.030 (p < 0.05). The majority of students have learning motivation in the medium category in the interval 88.939 – 99.968 with a percentage of 47%, and learning outcomes scores are in the interval 69.9-75.9, with a percentage value of 47% in the medium category too. The conclusion of this research is that the relationship between learning motivations has a significant role in improving student learning outcomes. Therefore, it is recommended for educators to pay more attention to factors that can increase students' learning motivation in order to achieve better learning outcomes. Further research is recommended to explore other factors that might influence student learning outcomes. Keywords: Motivation learning, learning outcomes, Life skills in cosmetology.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Mari Okatini Armandari, M. K. M. ; 2). Dra. Lilis Jubaedah, M. Kes. |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Users 24269 not found. |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 00:24 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 00:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47959 |
Actions (login required)
View Item |