STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH DI TENGAH PERUBAHAN KURIKULUM DI SMK

AULIA MEGIRINDRA ANJANI, . (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH DI TENGAH PERUBAHAN KURIKULUM DI SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER - NIM.pdf

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (252kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (827kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru sejarah di SMK Negeri 24 Jakarta menyiasati adanya perubahan kurikulum yang berhubungan dengan penggunaan buku teks pelajaran di sekolah setelah diterapkannya kebijakan terbaru menurut Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/2017 mengenai Struktur Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan sehingga mata pelajaran Sejarah Indonesia hanya di kelas X saja. Dengan penerapan strategi pembelajaran dalam penggunaan buku teks, diharapkan proses pembelajaran Sejarah Indonesia dapat terlaksana dengan baik dengan baik sehingga tujuan pembelajaran juga dapat tercapai dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penekanan terhadap komponen pembelajaran yang berpusat pada guru mata pelajaran Sejarah Indonesia yaitu Bapak Fathur dan peserta didik yaitu kelas X-RPL 1 dan X-RPL 2 dengan menggunakan strategi pembelajaran Discovery Learning dan metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan presentasi. Di dalam hal ini, guru berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran. This study aims to find out how the history teacher's strategy at SMK Negeri 24 Jakarta deals with curriculum changes related to the use of textbooks in schools after the implementation of the latest policy according to the Decree of the Director General of Primary and Secondary Education Number: 130 / D / KEP / KR / 2017 regarding the Structure of Vocational High School Education so that the subjects of Indonesian History are only in class X only. All of these aspects contribute to the achievement of learning objectives carried out by the teacher in the classroom. By implementing learning strategies in the use of textbooks, it is hoped that the learning process of Indonesian History can be carried out well so that learning objectives can also be achieved well. The method used in this research is qualitative method. The emphasis on the learning component centered on the teacher of Indonesian History subjects, Mr. Fathur and students, namely the X-RPL 1 and X-RPL 2 classes using the Discovery Learning learning strategy and the learning methods used were lectures, discussions, and presentations. In this case, the teacher acts as a facilitator in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Corry Iriani R, M.Pd. ; 2). Drs. R. Wisnubroto, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 653 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 14:32
Last Modified: 03 Mar 2020 14:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4797

Available Versions of this Item

  • STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH DI TENGAH PERUBAHAN KURIKULUM DI SMK. (deposited 03 Mar 2020 14:32) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item