PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS MEDIA VISUAL MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI LEMBAGA JASA KEUANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 14 JAKARTA

PAJRIAH, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS MEDIA VISUAL MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI LEMBAGA JASA KEUANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (820kB)
[img] Text
02. Bab I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
03. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
04. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
05. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text
06. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text
07. Daftar Pustaka (Bibliography).pdf

Download (199kB)
[img] Text
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dalam menggunakan e-modul antara kelas eksperimen dengan menggunakan e-modul dan tidak menggunakan e-modul pada kelas kontrol. Pengembangan e-modul menggunakan platform Canva yang mudah digunakan terutama bagi tenaga pendidik seperti guru. Penelitian pengembangan e-modul mata pelajaran ekonomi dengan materi lembaga jasa keuangan menggunakan pengembangan model ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain desain kelompok kontrol hanya pasca tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta uji-t tidak berpasangan. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 14 Jakarta. Sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel tidak acak dengan teknik pengambilan sampel secara sengaja. Hasil penelitian ini antara lain 1) hasil validasi e-modul berbasias media visual menggunakan Canva ini valid yang ditunjukkan skor ahli materi sebesar 83,75%, skor ahli media 94,5%, skor ahli bahasa 94,3%, panelis I sebesar 92%, dan skor panelis II 91% dengan semua perolehan skor termasuk kategori “layak” untuk digunakan; 2) signifikansi uji t tidak berpasangan sebesar 0,002 < 0,05 sedangkan t_hitung > t_tabel yaitu 3,30 > 1,66 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata skor 85,83 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor 79,44. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci : E-modul, Ekonomi, Lembaga Jasa Keuangan ***** This research aims to determine the differences in learning outcomes in using e-modules between experimental classes using e-modules and those not using e-modules in the control class. E-module development uses the Canva platform which is easy to use, especially for educational staff such as teachers. Research on the development of e-modules for economic subjects with material on financial services institutions using the ADDIE model development, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. This research is a quasi-experimental research with a post-test only control group design. Data analysis used qualitative and quantitative descriptive analysis and unpaired t-test. The research population was class X students of SMA Negeri 14 Jakarta. The sample used was non-random sampling with a deliberate sampling technique. The results of this research include 1) the validation results of the e-module based on visual media using Canva are valid as shown by the material expert score of 83.75%, the media expert score of 94.5%, the language expert score of 94.3%, panelist I of 92 %, and panelist II’s score was 91% with all scores included in the “feasible” category for use; 2) the significance of the unpaired t test is 0.002 < 0.05, while t_hitung > t_tabel is 3.30 > 1.66, which means there is a significant difference between the learning outcomes of the experimental class with an average score of 85.83 and the control class with an average score of 85.83. average score 79.44. Based on these results, it shows that there are significant differences in learning outcomes between the experimental class and the control class. Keywords: E-Module, Economics, Financial Services Institutions

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pajriah .
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:18
Last Modified: 02 Aug 2024 06:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48032

Actions (login required)

View Item View Item