PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DILEMMA-STEAM PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

RADEN RORO SEKAR AYU NUR FADILLA, . (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DILEMMA-STEAM PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Saat ini indonesia telah melewati masa pandemi covid-19. Pembelajaran yang sebelumnya dilakukan dengan jarak jauh, kini sudah kembali dilakukan secara tatap muka. Hal tersebut menjadi tantangan baru, dimana pembelajaran jarak jauh membuat peserta didik terbiasa belajar dengan mengandalkan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berupa video serta mengetahui kelayakan video pembelajaran dengan pendekatan dilemma-STEAM pada materi Energi Terbarukan untuk peserta didik SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (RnD) dengan model penelitian ADDIE. Video pembelajaran yang dikembangkan ini sudah melewati tahap uji validitas oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran dengan rata-rata persentase 86%, 93%, dan 84% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Setelah divalidasi, selanjutnya video pembelajaran diperkenalkan kepada guru fisika dan diujicobakan kepada peserta didik untuk ditanggapi. Tanggapan dilakukan dengan menggunakan lembar kertas untuk guru fisika dan angket google form untuk peserta didik. Hasil tanggapan produk didapat rata-rata persentase sebesar 82% oleh guru fisika dan 89% oleh peserta didik, sehingga masuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Video Pembelajaran Fisika berbasis Dilemma-STEAM pada Materi Energi Terbarukan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. ******* ABSTRACT Currently, Indonesia has surpassed the COVID-19 pandemic period. Learning, which was previously conducted remotely, is now being carried out face-to-face again. This transition poses a new challenge, as distance learning has accustomed students to relying on technology. The purpose of this research is to develop and produce learning media in the form of videos and to determine the feasibility of the learning video using a dilemma-STEAM approach on Renewable Energy material for high school students. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model. The developed learning video has undergone validity testing by three experts: a subject matter expert, a media expert, and a learning expert, with average percentages of 86%, 93%, and 84%, respectively, all of which fall into the very feasible category. After validation, the learning video was introduced to physics teachers and tested on students for feedback. The feedback was collected using paper forms for the physics teachers and Google Forms for the students. The feedback results showed an average percentage of 82% from physics teachers and 89% from students, thus categorizing it as very feasible. Therefore, it can be concluded that the Dilemma-STEAM Based Physics Learning Video on Renewable Energy Material is very feasible to be used as a learning medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd.,M.Pd. ; 2). Dr. Mutia Delina, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Raden Roro Sekar Ayu Nur Fadilla .
Date Deposited: 04 Aug 2024 23:51
Last Modified: 04 Aug 2024 23:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48133

Actions (login required)

View Item View Item