PENGARUH KEBERFUNGSIAN KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN REGULASI EMOSI PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI

NUR AINI, . (2024) PENGARUH KEBERFUNGSIAN KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN REGULASI EMOSI PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberfungsian keluarga terhadap regulasi emosi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi sederhana. Alat ukur yang digunakan adalah General Functioning of Family Assessment Device milik Epstein, Baldwin, dan Bishop tahun 1983 yang diadopsi dari Sissy Viranti Dwi Putri dari Universitas Negeri Jakarta yang terdiri dari 12 item dan Emotion Regulation Questionnaire milik Gross tahun 2003 yang diadopsi dari Neeta Ranysha MegawatI Muchtar dari Universitas Negeri Jakarta yang terdiri dari 10 item. Sampel pada penelitian ini berjumlah 152 orang dengan kriteria responden adalah mahasiswa aktif yang sedang mengerjakan skripsi dan berasal dari keluarga utuh. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara keberfungsian keluarga terhadap regulasi emosi cognitive reappraisal dengan besaran kontribusi 23,6% serta tidak terdapat pengaruh antara keberfungsian keluarga terhadap regulasi emosi expressive suppression pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Temuan dalam penelitian ini diharapkan akan membantu individu dalam menyadari bahwa peran keluarga dalam perkembangan emosional anggota keluarganya sangat penting, terutama dalam membantu individu mengembangkan regulasi emosi cognitive reappraisal. ***** This research aims to determine the influence of family functioning on emotional regulation in students who are working on their thesis. This research uses a quantitative approach with simple regression analysis. The measuring instrument used is the General Functioning of Family Assessment Device by Epstein, Baldwin, and Bishop in 1983, adopted from Sissy Viranti Dwi Putri from Jakarta State University, which consists of 12 items and Emotion Regulation Questionnaire by Gross in 2003, adopted from Neeta Ranysha Megawati Muchtar from Jakarta State University, which consists of 10 items.The sample in this study was 152 people with the criteria being active students who were working on their thesis and came from intact family. The results of the research show that there is A significant influence between family functioning on cognitive reappraisal emotional regulation with a contribution of 23,6% and there is no influence between family functioning on expressive suppressing emotional regulation in students who are working on their thesis. It is hoped that the findings in this research will help indiviuals realize that the role of the family in the emotional development of their family members is very important, especially in helping individuals develop their cognitive reappraisal emotional regulation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irma Rosalinda Lubis, M.Si., Psikolog ; 2). Mauna, M.Psi., Psikolog
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 24557 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:44
Last Modified: 05 Aug 2024 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48146

Actions (login required)

View Item View Item