PENGEMBANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MICROLEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS

AISYAH RANA NILAM CAHYA, . (2024) PENGEMBANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MICROLEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran berbasis microlearning semakin menjadi sorotan dalam dunia pendidikan sebagai solusi inovatif untuk menghadapi tantangan era digital. Dengan fokus pada penyampaian informasi dalam unit-unit kecil yang mudah dicerna, microlearning memberikan kesempatan untuk pembelajaran yang mandiri sesuai dengan kebutuhan individu. Sejalan dengan itu, website sebagai media pembelajaran menjadi relevan karena dapat menyajikan konten microlearning dengan interaktif dan digunakan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan website berbasis microlearning pada materi fluida statis yang valid sebagai media pembelajaran fisika di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). Produk berhasil dikembangkan dengan penilaian dari para ahli menyatakan produk berada pada interpretasi sangat valid (95,25%) dari ahli media, sangat valid (95,25%) dari ahli materi, sangat valid (97,5%) dari ahli pembelajaran. Respon dari guru dan peserta didik berada pada interpretasi sangat baik (94,50%) dan (91,14%). Dengan demikian, produk yang dikembangkan valid digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Website pembelajaran dapat diakses melalui https://sites.google.com/view/fluidastatis ******** Microlearning is increasingly in the spotlight in the world of education as an innovative solution to the challenges of the digital era. With a focus on delivering information in small units that are easy to digest, microlearning provides opportunities for independent learning according to individual needs. In line with that, website as a learning media becomes relevant because it can present microlearning content interactively and be used independently. This research aims to produce a microlearning-based website on static fluid material that is valid as a physics learning media in high school. The research method used in this research is research and development using the ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation) development model. The product was successfully developed with an assessment from experts stating the product was in the interpretation of very valid (95.25%) from media experts, very valid (95.25%) from material experts, very valid (97.5%) from learning experts. Responses from teachers and students were at the interpretation of very good (94.50%) and (91.14%). Thus, the developed product is valid to be used as physics learning media. The learning website can be accessed through https://sites.google.com/view/fluidastatis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Esmar Budi, M.T. ; 2). Ely Rismawati, M.P.Fis.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Aisyah Rana Nilam Cahya .
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:13
Last Modified: 05 Aug 2024 00:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48183

Actions (login required)

View Item View Item