PENGEMBANGAN MODUL AJAR DILENGKAPI AUGMENTED REALITY BERBASIS STEM PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

TYRRA AULIA RAHMA MAHFUD, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR DILENGKAPI AUGMENTED REALITY BERBASIS STEM PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat, membutuhkan penyesuaian dan percepatan dalam mengembangkan pendidikan yang mampu memanfaatkan perkembangan sains dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul ajar dilengkapi augmented reality berbasis STEM pada materi induksi elektromagnetik yang valid digunakan untuk peserta didik Fase F Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan pengembangan modul mengikuti pendekatan pembelajaran STEM dan mengacu pada model ADDIE namun dibatasi sampai tahap ADD, yang mencakup analisis, desain, dan pengembangan. Modul yang telah dikembangkan memasuki tahap validasi, dan secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata sebesar 93,6% dengan interpretasi “Sangat Valid” dari aspek materi, media, maupun pembelajaran. Modul diimplementasikan dan uji coba penggunaannya kepada peserta didik dan menghasilkan nilai rata-rata 91% dengan interpretasi “Sangat Baik”. Maka dari itu, modul ajar yang dikembangkan dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk peserta didik Fase F Kurikulum Merdeka. The increasingly rapid development of science and technology requires adjustments and acceleration in developing education that can take advantage of developments in science and technology. This research aims to create a teaching module equipped with STEM-based augmented reality on electromagnetic induction material that is valid for use for Phase F students of the Independent Curriculum. This research uses the Research and Development (R&D) method, with module development following the STEM learning approach and referring to the ADDIE model but limited to the ADD stage, which includes analysis, design, and development. The modules that have been developed have entered the validation stage and overall obtained an average percentage of 93.6% with a "Very Valid" interpretation from the material, media, and learning aspects. The module was implemented and tested for use with students and resulted in an average score of 91% with the interpretation "Very Good". Therefore, the teaching module developed is valid and can be used as learning material for Phase F students of the Independent Curriculum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd. 2). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Fisika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Tyrra Aulia Rahma Mahfud .
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:43
Last Modified: 06 Aug 2024 01:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48186

Actions (login required)

View Item View Item