HUBUNGAN PERSEPSI DAN PENGETAHUAN PESERTA DIDIK SMA MENGENAI BANK SAMPAH DENGAN PERILAKU PENGELOLAAN SAMPAH

REGINA MARSYA ELVARETA, . (2024) HUBUNGAN PERSEPSI DAN PENGETAHUAN PESERTA DIDIK SMA MENGENAI BANK SAMPAH DENGAN PERILAKU PENGELOLAAN SAMPAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan pengelolaan sampah di DKI Jakarta masih terhambat oleh rendahnya kesadaran masyarakat. Hal ini menjadi kendala dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satu upaya untuk meningkatkan pengelolaan sampah adalah melalui program Bank Sampah di tingkat sekolah. Program ini diharapkan dapat meningkatkan persepsi dan pengetahuan peserta didik mengenai bank sampah, sehingga mendorong mereka untuk berperilaku pengelolaan sampah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi dan pengetahuan peserta didik mengenai bank sampah dengan perilaku pengelolaan sampah. Metode penelitian berupa deskriptif dengan studi korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023-2024 di SMA Negeri 31 Jakarta, melibatkan 61 peserta didik kelas 11 sebagai sampel dengan teknik multi-stage random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan skala likert dan soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik SMA memiliki persepsi dan pengetahuan mengenai bank sampah yang tinggi dan sangat tinggi serta perilaku pengelolaan sampah yang tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan sedang antara persepsi mengenai bank sampah dengan perilaku pengelolaan sampah. Terdapat hubungan sedang antara pengetahuan mengenai bank sampah dengan perilaku pengelolaan sampah. Serta terdapat hubungan kuat antara persepsi dan pengetahuan mengenai bank sampah dengan perilaku pengelolaan sampah. Diperlukan tindak lanjut untuk memaksimalkan persepsi dan pengetahuan mengenai bank sampah dengan perilaku pengelolaan sampah sehingga mampu mempertahankan program bank sampah ditingkat sekolah dan masyarakat sekitar.*****The issue of waste management in DKI Jakarta continues to be constrained by a lack of public awareness. This represents a significant challenge in the pursuit of the Sustainable Development Goals (SDGs). One of the strategies to enhance waste management is the implementation of the Waste Bank programme at the school level. It is anticipated that this programme will enhance students' perceptions and knowledge of waste banks, thereby fostering more effective waste management practices. The objective of this study is to analyse the relationship between students' perceptions and knowledge about waste banks and waste management behaviour. The research method is descriptive with a correlational study. This research was conducted during the odd semester of the 2023-2024 academic year at SMA Negeri 31 Jakarta. A total of 61 Grade 11 students were sampled using a multi-stage random sampling technique. The instruments employed were questionnaires comprising a Likert scale and multiple-choice questions. The results of this study indicate that high school students exhibit high and very high levels of perception and knowledge regarding waste banks, as well as exhibiting high levels of waste management behaviour. The analysis demonstrated that there was a moderate relationship between perception of waste banks and waste management behaviour. Additionally, there was a moderate correlation between knowledge about waste banks and waste management behaviour. Furthermore, there was a strong relationship between perception and knowledge about waste banks with waste management behaviour. Further research is required to optimise the perception and knowledge of waste banks in relation to waste management behaviour, with a view to maintaining the waste bank programme at the school level and in the surrounding community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si 2). Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 24670 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:37
Last Modified: 05 Aug 2024 04:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48218

Available Versions of this Item

  • HUBUNGAN PERSEPSI DAN PENGETAHUAN PESERTA DIDIK SMA MENGENAI BANK SAMPAH DENGAN PERILAKU PENGELOLAAN SAMPAH. (deposited 05 Aug 2024 04:37) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item