Adjmal, Adjmal (2020) KAJIAN PENGEMBANGAN HYLEARN FIP OLEH DOSEN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (494kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kajian pengembangan yang telah dilakukan oleh dosen Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk kuisioner sebagai alat bantu pengumpulan data yang dikonstruksi dengan menggunakan pendekatan TPACK. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja TPACK versi Universal Design dengan menggunakan 4 aspek (1) aspek teknologi, (2) aspek teknologi pedagogi, (3) aspek teknologi konten, (4) aspek teknologi pedagogi konten. Hasil yang didapat dijelaskan sesuai dengan aspek yang dikaji (1) aspek teknologi, sebagian (50%) dosen telah mampu menggunakan HyLearn FIP untuk kebutuhan perkuliahan, (2) aspek teknologi pedagogi, lebih dari sebagian (54%) dosen mampu meningkatkan pengetahuan mengenai metode pengajaran dan pengetahuan mahasiswanya, (3) aspek teknologi konten, lebih dari sebagian (60%) dosen mampu mengaplikasikan prinsip desain pesan pada konten yang dibuat, dipilih, atau digunakan, dan (4) aspek teknologi pedagogi konten, lebih dari sebagian (60%) dosen mampu menciptakan pembelajaran online yang efektif dan efisien dengan mengkombinasikan konten, teknologi, dan metode pembelajaran yang tepat. This research aims to observe the development studies that has been implemented by the lecturers of faculty of education science Universitas Negeri Jakarta. This research uses the instrument in the form of questionnaire as a tools to gather the data which used TPACK approach. This research uses TPACK’s framework with the Universal Design version that consist of 4 aspects (1) Technological aspect (2) Pedagogy technological aspect (3) Content technological aspect (4) Content of pedagogy technological aspect The results are explained based on the used framwork as following (1)Tecnological aspect, a half of (50%) lecturers are able to use Hylear web based for teaching needs (2) Pedagogy technological aspect, more than a half of (54%) lecturers are able to improve the knowledge of teaching’s methods as well as the students (3) Content Technological aspect, more than a half of (60%) lecturers are able to implement instructional’s principle design for the content that’s made, choosen, or used (4) Content of pedagogy technological aspect, more than (60%) lecturers are able to create online learning course that’s effective and efficient with combining the content, technology, and appropriate instructional method.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Cecep Kustandi. M.Pd ; 2) Kunto Imbar Nursetyo. M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1018 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 16:00 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 16:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4836 |
Actions (login required)
View Item |