RICHA ANGGRAENI, . (2020) PENERAPAN FUN GAMES UNTUK MENINGKATKAN GERAK LOKOMOTOR PADA ANAK TUNAGRAHITA SEKOLAH LUAR BIASA ASIH BUDI DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (894kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (391kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak lokomotor melalui penerapan fun games terhadap anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Asih Budi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung dari bulan April hingga Juni 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan desain Kemmis dan Taggart dan dilakukan sebanyak dua siklus. Pengambilan data peserta dimulai dari tes awal, tes siklus I, dan tes siklus II, dari setiap siklus yang dilakukan oleh siswa SDLB Asih Budi kemudian dihitung peningkatannya hingga memenuhi target yang ingin dicapai. Berdasarkan hasil tes kondisi awal siswa SDLB Asih Budi diperoleh hasil 50% kurang, 25% cukup dan 25% baik, kemudian dilaksanakannya tes siklus I dengan hasil presentase 18,75% kurang, 18,75% cukup, 62,50% baik. Selanjutnya penelitian dilanjutkan ke siklus II dikarenakan pada siklus I belum memenuhi target yang ingin dicapai, dari tes siklus II diperoleh hasil 0% kurang, 12,50% cukup dan 87,50% baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas menunjukan bahwa penerapan fun games dapat meningkatkan gerak lokomotor pada anak tunagrahita di SDLB Asih Budi Duren Sawit Jakarta Timur. This research aims to improve locomotor movement through the implementation of Fun Games to special need children in Asih Budi Special School. The research was carried out for 3 months from April to June 2019. This research used the Kemmis and Taggart design action research method and was carried out in two cycles. The data collection of participants starts from the initial test, the first cycle test, the second cycle test, from each cycle carried out by SDLB Asih Budi's students and then calculated the increase to meet the target to be achieved. According to the results of the initial conditions test SDLB Asih Budi students obtained results 50% less, 25% enough and 25% good, then carried out the first cycle test with a percentage of 18.75% less, 18.75% enough, and 62.50% good. Furthermore, the research continued to cycle II because in cycle I had not met the target to be achieved, from the cycle II test results obtained 0% less, 12.50 enough, and 87.50% good. According to the results of the study above shows that the application of fun games can improve locomotor motion in mentally retarded children at SDLB Asih Budi Duren Sawit, East Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd ; 2). Slamet Sukriadi, M.Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga |
Divisions: | FIO > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Users 1091 not found. |
Date Deposited: | 24 Mar 2020 17:18 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 17:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4837 |
Actions (login required)
View Item |