PENGEMBANGAN E-MODUL PERENCANAAN GAMBAR INTERIOR BERBASIS 3D SOFTWARE PADA PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN

ANNISA HANDINI PUTRI, . (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PERENCANAAN GAMBAR INTERIOR BERBASIS 3D SOFTWARE PADA PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
LAMPIRAN-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Modul pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 58 Jakarta program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yakni Define, Design, Development, dan Disseminate. Penelitian ini bermula dari analisis kebutuhan siswa, proses pengembangan produk melalui aplikasi Canva, kemudian melakukan validasi produk oleh ahli materi, ahli media, serta uji coba terbatas oleh pengguna produk. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengumpulkan data yang dilakukan pada proses validasi. Hasil validasi materi didapatkan persentase kelayakan sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian pada hasil uji validasi media memperoleh persentase kelayakan sebesar 97% dengan kategori “Sangat Layak”. Sementara perhitungan gain score untuk kenaikan belajar siswa mengindikasikan bahwa produk E-Modul ini layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi desain interior mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 58 Jakarta.********** This research aims to develop teaching materials in the form of E-Modules for the subjects Software Application and Building Interior Design at SMK Negeri 58 Jakarta, Building Modeling and Information Design expertise program. This research is a type of development research or Research and Development with a 4D development model consisting of 4 stages, namely Define, Design, Development, and Disseminate. This research started from analyzing student needs, the product development process through the Canva application, then carrying out product validation by material experts, media experts, as well as limited trials by product users. The data analysis technique uses descriptive analysis with a quantitative approach, and the research instrument is a questionnaire to collect data which is carried out in the validation process. The results of material validation obtained a feasibility percentage of 95% in the "Very Eligible" category. Then the media validation test results obtained a feasibility percentage of 97% in the "Very Eligible" category. Meanwhile, the calculation of the gain score to improve student learning shows that this E-Module product is suitable for use in the learning process on interior design material in the Software Application and Building Interior Design subjects at SMK Negeri 58 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Arris Maulana, ST.,MT. ; 2). R. Eka Murtinugraha, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 23429 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:05
Last Modified: 06 Aug 2024 00:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48372

Actions (login required)

View Item View Item