ANDIEN NURHALIMAH, . (2024) EVALUASI PROGRAM PENDALAMAN MATERI SEKOLAH PADA RUMAH BELAJAR INDONESIA KREATIF (RUBIK) DI YAYASAN GEMMA INSANI INDONESIA BOJONG GEDE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (978kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendalaman materi sekolah pada Rumah Belajar Indonesia Kreatif (RUBIK) di Yayasan Gemma Insani Indonesia, Bojong Gede, menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Evaluasi context mencakup latar belakang, tujuan pelaksanaan, dan kebutuhan peserta didik, evaluasi input mencakup sumber daya yang digunakan, evaluasi process mencakup pengelolaan waktu, jadwal, strategi pembelajaran, dan suasana belajar, sedangkan evaluasi product mencakup ketercapaian tujuan, dampak, dan keberlanjutan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendalaman materi sekolah RUBIK efektif dalam meningkatkan kemampuan akademis dan perilaku positif peserta didik. Program ini juga memberikan dampak signifikan pada pendidikan karakter dalam membangun kepercayaan diri dan keterampilan sosial anak-anak. Evaluasi secara menyeluruh menunjukkan bahwa program ini berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi peserta didik. ***** This study aims to evaluate the school subject enrichment program at Rumah Belajar Indonesia Kreatif (RUBIK) at Yayasan Gemma Insani Indonesia, Bojong Gede, using the CIPP (Context, Input, Process, Product) evaluation model. This research employs a qualitative approach with data collection methods including observation, interviews, and documentation. Context evaluation encompasses the background, implementation objectives, and students' needs. Input evaluation involves the resources utilized. Process evaluation covers time management, schedules, teaching strategies, and the learning environment, while product evaluation addresses the achievement of objectives, impact, and program sustainability. The results indicate that the RUBIK school subject enrichment program is effective in enhancing students' academic abilities and positive behavior. The program also has a significant impact on character education, fostering children's self-confidence and social skills. Comprehensive evaluation shows that the program successfully achieves its established goals and provides long-term benefits for students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Daddy Darmawan, M.Si.; 2). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 22806 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 06:15 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 06:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48398 |
Actions (login required)
View Item |