E-MODULE FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK KELAS X

SYAFIRA GHASSANI, . (2024) E-MODULE FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun, untuk mengikuti budaya belajar siswa dalam perkembangan teknologi saat ini. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model penelitian 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pengumpulan data penelitian awal pada tahap Define dilakukan dengan cara observasi di sekolah, wawancara dengan guru dan siswa, serta pemberian angket kepada siswa. Berdasarkan analisis data, siswa memerlukan media pembelajaran yang praktis, dapat digunakan di mana dan kapan saja, serta mereka setuju untuk melakukan penelitian dengan merancang e-module dengan pendekatan saintifik pada materi pemanasan global. Uji validasi dilakukan oleh para ahli, yaitu ahli media dan ahli materi pembelajaran. Hasil uji validasi oleh ahli media memperoleh rata-rata penilaian sebesar 93% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji validasi oleh ahli materi pembelajaran memperoleh rata-rata penilaian sebesar 87% dengan kategori “sangat valid”. Hasil penilaian oleh guru memperoleh rata-rata penilaian sebesar 90,5% dengan kategori “sangat valid”. Hasil penilaian oleh peserta didik memperoleh rata-rata penilaian sebesar 90% dengan kategori “sangat valid”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa E-module Fisika Dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Pemanasan Global Untuk Kelas X valid untuk digunakan sebagai bahan ajar. ***** This research aims to design learning media that can be used anytime and anywhere, to follow student learning culture in current technological developments. The research uses research and development (R&D) methods, with a 4D research model (Define, Design, Develop, and Disseminate). Initial research data collection at the Define stage was carried out by observing at school, interviews with teachers and students, and giving questionnaires to students. Based on data analysis, students need learning media that is practical, can be used anywhere and at any time, and they agree to conduct research by designing e-modules with a scientific approach to global warming material. The validation test was carried out by experts, namely media experts and learning material experts. The results of the validation test by media experts obtained an average rating of 93% in the "very valid" category. The results of the validation test by learning material experts obtained an average rating of 87% in the "very valid" category. The results of the teacher's assessment obtained an average rating of 90.5% in the "very valid" category. The results of the assessment by students obtained an average rating of 90% in the "very valid" category. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the Physics E-module with a Scientific Approach to Global Warming Material for Class 10 is valid for use as teaching material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Vina Serevina, M.M. ; 2). Dr. Esmar Budi, M.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Syafira Ghassani .
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:32
Last Modified: 05 Aug 2024 04:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48416

Actions (login required)

View Item View Item