PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI MATERI PERANG DUNIA KEDUA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP INDONESIA & DUNIA DI SMA BPS&K 1 JAKARTA

OMAR CARIS AMINOTO, . (2024) PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI MATERI PERANG DUNIA KEDUA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP INDONESIA & DUNIA DI SMA BPS&K 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL PENGEMBANGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN & SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

This development research aims to produce an history instructional documentary video media of the second world war and its impact on Indonesia & the world for eleventh grade instructional material or equivalent at SMA BPS&K 1 Jakarta. This development research was conducted using a nonlinear video program development procedure of the model developed by PUSTEKKOM. This development model occurs in a nonlinear manner consisting of three main stages, specifically: (1) planning stage; (2) production stage; and (3) evaluation stage. The evaluation in this development research uses Martin Tessmer's formative evaluation model so that it involves three stages of pre-master trials, namely expert review, one-to-one, & small group. Formative evaluation is commited out using an evaluation instrument that adopts the standard evaluation instrument structure for instructional video media development programs developed by Eveline Siregar. The assessment in this study was calculated using a rating scale with a range from 1 to 4. The results of the expert review trial from all experts obtained an average score of 3.17, in the one-to-one trial obtained a score of 3,81, and in the small group trial obtained 3,75. So that overall the history instructional documentary video media of the second world war and its impact on Indonesia & the world for eleventh grade instructional material or equivalent at SMA BPS&K 1 Jakarta falls into the good category and is suitable for use in a real instructional. ***** Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media video dokumenter pembelajaran sejarah kelas XI sederajat materi perang dunia kedua serta dampaknya terhadap Indonesia & dunia di SMA BPS&K 1 Jakarta. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan prosedur atau model pengembangan program video nonlinear yang dikembangkan oleh PUSTEKKOM. Model pengembangan ini terjadi secara nonlinear yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap produksi; dan (3) tahap evaluasi. Evaluasi pada penelitian pengembangan ini menggunakan model evaluasi formatif Martin Tessmer sehingga melibatkan tiga tahap uji coba pramaster yaitu expert review, one-to-one, & small group. Evaluasi formatif dilakukan dengan menggunakan instrumen evaluasi yang mengadopsi susunan instrumen evaluasi baku untuk program pengembangan media video pembelajaran yang dikembangkan oleh Eveline Siregar. Penilaian pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan skala penilaian dengan rentang dari 1 sampai 4. Hasil uji coba expert review yang berasal dari para ahli memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,17, pada uji coba one-to-one diperoleh nilai sebesar 3,81, dan pada uji coba small group diperoleh sebesar 3,75. Sehingga secara keseluruhan media video dokumenter pembelajaran sejarah kelas XI materi perang dunia kedua serta dampaknya terhadap Indonesia & dunia di SMA BPS&K 1 Jakarta masuk ke dalam kategori baik serta layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd.; 2). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 23198 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:47
Last Modified: 05 Aug 2024 04:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48446

Actions (login required)

View Item View Item