PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING UNTUK MATAKULIAH PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA DI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MUHAMMAD ALIFUDDIN IMAM, . (2020) PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING UNTUK MATAKULIAH PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA DI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah prototype blended learning untuk mata kuliah Pengembangan Media Sederhana di Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Pengembangan blended learning ini menggunakan model ILDF (Integrative Learning Design Framework) dengan melalui tiga tahapan yaitu eksplorasi, penyusunan dan evaluasi dengan responden yakni ahli materi 1 orang, ahli media 1 orang dan responden one-to-one 5 orang. Dalam penggunaan model ILDF ada 3 tahap yang dilakukan yaitu (1) tahap eksplorasi: menganalisis keadaan yang ada sehingga nantinya akan menjadi acuan dalam mengembangkan pembelajaran blended; (2) tahap penyusunan: melakukan penyusunan produk yang dikembangkan mengacu pada hasil dalam tahap eksplorasi berupa desain pembelajaran berformat blended, prototype media pembelajaran dan materi serta program blended learning secara keseluruhan; dan (3) tahap evaluasi: melakukan expert review dengan ahli materi yang menunjukkan hasil yang baik dengan presentase 79,25%, expert review ahli media yang menunjukkan hasil yang baik dengan presentase 85% dan hasil ujicoba responden one-to-one menunjukkan hasil yang baik dengan presentase 70,25%. Pengembangan blended learning mata kuliah pengembangan media sederhana dapat diakses pada portal hylearn FIP melalui fip.unj.ac.id/hylearn. Diharapkan dengan adanya blended learning ini akan dapat memfasilitasi mahasiswa ketika proses pembelajaran berlangsung terutama pembelajaran secara daring agar dapat berjalan dengan baik. The development of blended learning uses ILDF (integrative learning design framework) model through three stages, namely exploration, compilation and evaluation with respondents, namely 1 material expert, 1 person media expert and 5 person one-to-one respondent. In the use of ILDF models there are 3 stages carried out namely, (1) the exploration phase: analyzing the existing conditions so that later it will become a reference in developing blended learning; (2) drafting stage: making the product development that is developed refers to the results in the exploration stage in the form of a blended format learning design, prototype of learning media and materials as well as a blended learning program as a whole; and (3) evaluation stage: conducting expert reviews with material experts who show good results with a percentage of 79.25%, expert expert media reviews that show good results with a percentage of 85% and the results of one-to-one respondents' trials show good results. good with 70.25% percentage. The development of blended learning in simple media development courses can be accessed on the FIP hylearn portal through fip.unj.ac.id/hylearn. It is hoped that with this blended learning learning will be able to facilitate students when the learning process takes place, especially online learning so that it can run well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Cecep Kustandi, M.Pd. ; 2). Retno Widyaningrum, S.Kom, MM.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 1058 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 13:44
Last Modified: 08 Apr 2020 13:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4854

Actions (login required)

View Item View Item