ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN GURU EKONOMI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA KURIKULUM MERDEKA

EGA OSISCA, . (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN GURU EKONOMI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA KURIKULUM MERDEKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah dasar dari kemajuan masyarakat. Dalam era digitalisasi yang semakin berkembang, literasi digital telah menjadi bagian penting dari persiapan generasi mendatang untuk menghadapi tantangan global. Karena peran penting guru dalam satuan pendidikan dalam proses pembelajaran, guru harus mempersiapkan diri untuk pembelajaran berbasis literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan variabel yang memengaruhi kesiapan guru dalam pembelajaran berbasis literasi digital, termasuk pelatihan, determinasi diri, dan intensitas membaca. Penelitian ini dilakukan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis dilakukan menggunakan model regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan, determinasi diri dan intensitas membaca berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan guru dalam pembelajaran berbasis literasi digital pada kurikulum merdeka. Dengan R square sebesar 0,424 atau 42,4%. Dengan kesimpulan, bahwa koefisien determinasi R2 atau R square menunjukkan pelatihan (X1), determinasi diri (X2), dan intensitas membaca (X3) memiliki kemampuan untuk menjelaskan sebesar 42,4% terhadap kesiapan guru (Y). Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya, diharapkan dapat lebih memperluas sampel yang digunakan dan variabel yang akan diteliti. Kata kunci: pendidikan, kesiapan guru, pembelajaran berbasis literasi digital, pelatihan, determinasi diri, intensitas membaca ***** Education is the cornerstone of society's advancement, and in the increasingly sophisticated digital age, attempts to equip the next generation to tackle global challenges must include digital literacy. Teachers are key players in the learning process in an educational unit, so they must first get ready for digital literacy-based learning. A few things that affect instructors' preparedness for learning based on digital literacy are reading intensity, self- determination, and training. The purpose of this study is to determine the variables that affect teachers' preparedness for instruction based on digital literacy. Utilizing a quantitative methodology and primary data gathering methods through questionnaires, the research was conducted. Multiple linear regression models and SPSS 29.0 analysis tools were used for the analysis. According to the findings, reading intensity, self-determination, and training all positively and significantly impacted teachers' readiness for digital literacy-based learning in the autonomous curriculum. Has a 42.4%, or R square, of 0.424. In summary, it can be observed that 42.4% of teacher preparedness (Y) may be explained by training (X1), self- determination (X2), and reading intensity (X3), as indicated by the coefficient of determination R2 or R square. It is anticipated that recommendations for more research would broaden the variables to be examined and the sample size utilized. Keywords: education, teacher readiness, digital literacy-based learning, training, self- determination, reading intensity

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, SE., M.SE. ; 2). Dicky Iranto, SE., M.SE
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ega Osisca .
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:03
Last Modified: 05 Aug 2024 23:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48593

Actions (login required)

View Item View Item