PENGEMBANGAN ONLINE COURSE UNTUK MATA KULIAH “FOTOGRAFI” BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI PROGRAM STUDI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ARIEF ARIADI GUNAWAN, . (2024) PENGEMBANGAN ONLINE COURSE UNTUK MATA KULIAH “FOTOGRAFI” BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI PROGRAM STUDI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa online course di LMS UNJ untuk mata kuliah Fotografi yang berbasis project-based learning di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Target utama dari produk ini adalah mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan UNJ. Penelitian ini dilakukan karena adanya kebutuhan untuk memperbarui materi pada kursus online Fotografi sebelumnya, termasuk pembaruan materi, sumber belajar, petunjuk belajar, dan model pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan model ILDF (Integrative Learning Design Framework) yang memiliki tiga tahap, yaitu eksplorasi, penyusunan, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah online course Mata Kuliah Fotografi yang menyajikan materi fotografi dengan learning object dan panduan belajar yang membantu peserta didik dalam belajar. Produk ini telah melalui evaluasi ahli yang melibatkan ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran, dengan kesimpulan hasil reviu sangat baik dengan beberapa masukan yakni penambahan implementasi model Project Based Learning, penambahan contoh katalog foto, pengubahan format tampilan LMS, penambahan template katalog, dan perbaikan pada tujuan pembelajaran. Kemudian produk online course fotografi ini telah diuji dengan pengguna secara one-to-one dan kelompok kecil dengan hasil dari evaluasi one-to-one menunjukkan bahwa Online Course Fotografi Pendidikan ini sudah sesuai untuk digunakan, terdapat beberapa kesalahan penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah. Pada tahap evaluasi small group telah dilakukan kepada 9 mahasiswa yang telah mengikuti pembelajaran fotografi, kesembilan mahasiswa melakukan penilaian kepada produk online course fotografi kemudian didapatkan skor akhir dengan rata-rata 3,75 (Sangat Baik). Dari serangkaian uji coba yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa produk sudah sesuai untuk digunakan ****** This research aims to develop an online course on the UNJ LMS for the Photography class, based on project-based learning in the Bachelor of Education Technology Study Program at the State University of Jakarta. The primary target is students of the UNJ Educational Technology study program. The research addresses the need to update materials in the previous Photography online course, including content updates, learning resources, study guides, and learning models. Thus, the ILDF (Integrative Learning Design Framework) model, comprising three stages—exploration, development, and evaluation—was used. The result is an online Photography course that presents photography material with learning objects and study guides to aid students' learning. This product has undergone expert evaluations involving experts in learning materials, instructional design, and learning media. The expert review concluded that the product is very good, with suggestions for improvements such as implementing the Project-Based Learning model, adding photo catalogue examples, changing the LMS display format, adding catalogue templates, and refining learning objectives. The Photography online course was tested with users one-to-one and in small groups. The one-to-one evaluation indicated that the course is suitable for use, with some writing errors noted. In the small group evaluation, nine students who had taken photography lessons rated the course, resulting in an average score of 3.75 (Very Good). Overall, the trials demonstrated that the product is suitable for use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd 2) Dr. Cecep Kustandi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 24834 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:26
Last Modified: 05 Aug 2024 23:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48607

Actions (login required)

View Item View Item