PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BANGUN DATAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

NURAFIAH RIZKIYANI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BANGUN DATAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Abstrak, Lembar Pengesahan, Lembar Originalitas, Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi, Kata pengantar dan Daftar Isi.pdf

Download (807kB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Kesimpulan dan saran.pdf

Download (589kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Pembelajaran bermakna dan menyenangkan merupakan strategi yang dikembangkan guru untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran, baik dari segi pendekatan yang digunakan, penyampaian materi dan bahan ajar, media pembelajaran yang menarik, atau membangun lingkungan belajar yang menyenangkan (Tisza & Markopoulos, 2021). Tujuan penelitian ini dalam rangka mengembangkan media komik digital bangun datar berbasis etnopedagogi untuk meningkatkan koneksi matematika siswa sekolah dasar kelas rendah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R & D (Research and Development), lebih dikenal dengan penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk. Tahapan yang digunakan adalah model ADDIE. Hasil penelitian berupa komik digital yang sudah direview oleh ahli dan uji pengguna menunjukan bahwa media komik digital bangun datar berbasis etnopedagogi untuk meningkatkan koneksi matematika siswa sekolah dasar kelas rendah sesuai dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Skor yang diperoleh dari hasil validasi uji ahli media 86% dan skor rata-rata ahli materi sebesar 96%, untuk ini score dikategorikan “Sangat Layak”. Selain itu, Skor rata-rata dari ahli bahasa sebesar 82,5% dengan kategori “Layak”. Perolehan nilai keseluruhan dari para ahli tersebut media komik digital bangun datar berbasis etnopedagogi diperoleh sebesar 88,16% dengan kategori “Sangat Layak” digunakan untuk peserta didik kelas rendah sekolah dasar. Berdasarkan hasil uji efektivitas pengembangan media pembelajaran bangun datar berbasis etnopedagogi dinyatakan ada pengaruh positif media komik digital bangun datar berbasis etnopedagogi dengan koneksi matematika. Hasil perhitungan nilai N-Gain menunjukkan bahwa pada penelitian ini mendapatkan skor rata-rata N-Gain sebesar 0.7061 atau dalam kategori tinggi. ***** Meaningful and enjoyable learning is a strategy developed by teachers to optimize the achievement of learning objectives, both in terms of the approach used, delivery of materials and teaching materials, interesting learning media, or building a pleasant learning environment (Tisza & Markopoulos, 2021). The aim of this research is to develop ethnopedagogy-based digital comic media to improve the mathematical connections of lower grade elementary school students. This research was carried out using an R & D (Research and Development) approach, better known as development research that produces a product. The stages used are the ADDIE model. The results of research in the form of digital comics which have been reviewed by experts and user tests show that ethnopedagogy-based digital comic media can improve the mathematical connections of lower grade elementary school students in accordance with the aspects of usability, feasibility, accuracy and propriety. The expert validation resulted in an 86% score, with an average material expert score of 96%, categorized as ‘Highly Suitable.’ Additionally, the language experts provided an average score of 82.5%, categorized as ‘Suitable.’ Overall, the combined scores from the experts yielded an 88.16% rating of ‘Highly Suitable’ for use with elementary school students. Based on the effectiveness test, the digital comic-based flat geometry learning media grounded in ethno-pedagogy demonstrated a positive impact on mathematical connections. The N-Gain calculation resulted in an average N-Gain score of 0.7061, categorized as High.”

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Iva Sarivah, M.Pd.; 2). Dr. Faisal Madani, M.Sc. Ed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Nurafiah Rizkiyani .
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:36
Last Modified: 05 Aug 2024 23:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48622

Actions (login required)

View Item View Item