IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KONSEP KURIKULUM MERDEKA STUDI KASUS : SMAN 103 JAKARTA

AISHA AZARIA, . (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KONSEP KURIKULUM MERDEKA STUDI KASUS : SMAN 103 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum Merdeka lahir sebagai inovasi dalam pendidikan dan bentuk menghargai perbedaan siswa dalam menjalani proses pembelajaran. Kurikulum Merdeka lebih memfokuskan untuk memberikan pendekatan yang lebih fleksibel, menekankan pada kemandirian dan keberagaman, serta mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan dan keislaman dalam proses pembelajaran. Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam sistem pendidikan Indonesia, karena menjadi bagian integral dari kurikulum nasional. Adanya keterlibatan Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter dan nilai siswa serta memberikan pemahaman agama islam yang mendalam, membuatnya menjadi mata pelajaran yang strategis dan relevan dengan tujuan dari Kurikulum Merdeka. Sehingga diharapkan sekolah mampu menerapkan konsep Kurikulum Merdeka dengan baik. Salah satu sekolah tingkat menengah atas yang ditunjuk untuk menerapkan Kurikulum Merdeka yaitu SMA Negeri 103 Jakarta. Tujuan penelitian ini berfokus untuk mengetahui kesesuaian konsep kurikulum merdeka dengan proses pembelajaran pendidikan agama islam berbasis pembelajaran berdiferensiasi di SMAN 103 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMAN 103 Jakarta. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data melalui reduksi data dan pengecekan keabsahan data dengan teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam mengikuti arahan tahap-tahap untuk melaksanakan perencanaan pembelajaran dan assesment paradigma baru yaitu pada poin Perencanaan dan pelaksanaan asesmen diagnostik. Dimana pada tahap tersebut, guru dapat menilai kemampuan dan karakteristik peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki. Guru juga dapat menyesuaikan kegiatan belajar mengajar dengan membuat kelompok belajar sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Selanjutnya yaitu pada poin pelaksanaan asesmen formatif dan sumatif. Tahap ini merupakan proses untuk menilai sejauh mana peserta didik memahami materi yang diberikan. Hal ini dapat dilakukan tidak hanya melalui ulangan harian atau penugasan terus-menerus, tetapi juga dapat dinilai melalui penilaian praktik. Penilaian yang dapat dilakukan beragam, menyesuaikan standar kemampuan siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran pada materi PAI yang ditentukan. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka. ***** The Merdeka Curriculum was introduced as an innovation in education and as a means to appreciate the differences among students in their learning processes. This curriculum focuses on providing a more flexible approach, emphasizing independence and diversity, while integrating national and Islamic values into the learning process. Islamic Religious Education plays a crucial role in Indonesia's education system, being an integral part of the national curriculum. Its involvement in shaping students' character and values and providing a profound understanding of Islam makes it a strategic and relevant subject in achieving the goals of the Merdeka Curriculum. Thus, schools are expected to effectively implement the Merdeka Curriculum. One of the senior high schools designated to implement this curriculum at State Senior High School 103 Jakarta. The aim of this research focuses on finding out the suitability of the independent curriculum concept with the learning process of Islamic religious education based on differentiated learning at State Senior High School 103 Jakarta. This study is a qualitative descriptive research using a case study approach. The research location at State Senior High School 103 Jakarta. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. Data analysis techniques involve data reduction and validity checks using the Triangulation technique. The results show that the process of Islamic Religious Education learning follows the steps for implementing new paradigm learning planning and assessment, specifically in planning and conducting diagnostic assessments. In this stage, teachers can assess students' abilities and characteristics to develop their interests and talents. Teachers can also adapt teaching and learning activities by creating study groups according to students' learning styles. Furthermore, in the formative and summative assessment stages, this process evaluates the extent to which students understand the given material. This can be done not only through regular tests or continuous assignments but also through practical assessments. Various assessment methods can be applied, tailored to students' skill standards to achieve the learning objectives of the Islamic Religious Education material. Keywords: Implementation, Islamic Religious Education Learning, Merdeka Curriculum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yusuf Ismail, S.Ag., MA.Hum ; 2). Firdaus Wajdi, MA., Ph.D
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 24711 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2024 00:59
Last Modified: 09 Aug 2024 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48676

Actions (login required)

View Item View Item