PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP TOLERANSI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

PUTRIANI CHRISMES SIMBOLON, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP TOLERANSI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (522kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model Value Clarification Technique dalam meningkatkan sikap toleransi pada mata pelajaran pendidikan Pancasila siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design dan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B di SDN Tugu Utara 17 Pagi sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan data dengan menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan teknik statistic yang melibatkan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, Uji homogenitas Levene’s dan uji hipotesis Independent Sample t Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Value Clarification Technique dengan sikap toleransi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini dapat terlihat bahwa nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,003 < 0,05. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Adapun hasil hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique terhadap sikap toleransi pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas IV sekolah dasar di kecamatan koja. Hal ini didasarkan pada rata-rata pada saat pretest sebesar 80,27 dan rata-rata pada saat posttest sebesar 85,76. ***** This study aims to prove the effect of the Value Clarification Technique model in improving tolerance attitudes in Pancasila education subjects for grade IV Elementary School students. The method used in this study is a quantitative method with an experimental type with a Pretest-Posttest Control Group Design and sampling using the Simple Random Sampling technique. The sample in this study was 60 students in grades IV A and IV B at SDN Tugu Utara 17 Pagi. The data collection technique used a test instrument. The data analysis technique used statistical techniques involving the Kolmogorov-Smirnov normality test, Levene's homogeneity test and the Independent Sample t Test hypothesis test. The results showed that there was a significant effect of the application of the Value Clarification Technique model on tolerance attitudes in Pancasila Education subjects. This can be seen that the Sig value (2 tailed) is 0.003 <0.05. Thus, it can be interpreted that (Ho) is rejected and (Ha) is accepted. The results of this research hypothesis are that there is an influence of the Value Clarification Technique learning model on the attitude of tolerance in the Pancasila education subject of grade IV elementary schools in Koja sub-district. This is based on the average at the time of the pretest of 80.27 and the average at the time of the posttest of 85.76.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Putriani Chrismes Simbolon .
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:23
Last Modified: 06 Aug 2024 00:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48678

Actions (login required)

View Item View Item