TEKNIK PERMAINAN TANGAN KIRI PADA PIANO DALAM LAGU RAPSODIA NUSANTARA NO. 15 KARYA ANANDA SUKARLAN

MADELINE TIORIA, . (2020) TEKNIK PERMAINAN TANGAN KIRI PADA PIANO DALAM LAGU RAPSODIA NUSANTARA NO. 15 KARYA ANANDA SUKARLAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (808kB)
[img] Text
GLOSARIUM.pdf

Download (920kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (807kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui teknik permainan piano dari Rapsodia Nusantara No. 15 Karya Ananda Sukarlan. Objek penelitian difokuskan pada teknik permainan piano yang terdapat dalam Rapsodia Nusantara No. 15 Karya Ananda Sukarlan. Penelitian dilaksanakan dari bulan April 2019 hingga Januari 2020. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan musikologi. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis teknik permainan piano tangan kiri yang dibutuhkan dalam memainkan karya Rapsodia Nusantara No. 15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rapsodia Nusantara No. 15 pada mulanya karya ini diciptakan untuk pemain piano dengan limited capabilities. Lagu ini dimainkan hanya menggunakan tangan kiri saja, untuk itu dibutuhkan pemahaman akan teknik piano yang mendalam, seperti (1) Penjarian, terutama dalam dalam memainkan arpeggio dan block chord agar bunyi yang dihasilkan menjadi seimbang antara melodi dan harmoni, (2) Gerak tubuh, seperti lengan, siku, dan bahu, agar dapat menunjang pemain piano dalam menghasilkan bunyi yang diinginkan, (3) Pedal, memegang peranan penting terutama untuk memperjelas harmoni yang disajikan dalam bentuk arpeggio, (4) Warna suara, pada karya ini terdapat empat jenis warna suara yaitu dark, velvety, bright, dan dry, (5) Interpretasi, dapat ditinjau dengan memahami lirik lagu dan juga mengenal istilah-istilah musik yang tercantum di dalam partitur. The purpose of this study is to research the background of music composition, general description of song form, and piano techniques from Rapsodia Nusantara No. 15 by Ananda Sukarlan. The object of research is focused on piano techniques that will be used in Rapsodia Nusantara No. 15 by Ananda Sukarlan. The study was conducted from April 2019 to January 2020 The method of this research is qualitative with musicology approach. This research is about analyzing the piano techniques needed in order to play Rapsodia Nusantara No. 15. The results of this study indicate that Rapsodia Nusantara No. 15 was originally created for piano players with limited capabilities. This song is played by using only the left hand, for that, every piano player really need to understand the piano techniques, such as (1) Fingering, especially when playing the arpeggio and block chord to produce balanced sound between melody and harmony (2) Body Movement, such as arm, elbow, and shoulder, in order to support the piano player in producing sound, (3) Pedal, gives an important role especially to clarify the harmony that presented in the form of arpeggio (4) Tone Color, this song have four types of tone color: dark, velvety, bright, and dry, (5) Interpretation, can be gotten by understanding the song lyrics and knowing the musical terms that has been listed in the scores.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Helena Evelin Limbong, M.Sn. ; 2) Dra. Tjut Etty Retnowati, M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Seni Musik > Literatur Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 1547 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 11:07
Last Modified: 03 Mar 2020 11:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4868

Actions (login required)

View Item View Item