Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Integrasi Design Thinking dalam Proyek STEAM pada Materi Koloid

AINI NURROHMAH HUSNA, . (2024) Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Integrasi Design Thinking dalam Proyek STEAM pada Materi Koloid. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan berpikir kritis melalui integrasi design thinking dalam proyek STEAM pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di kelas XI 1 SMA Negeri 44 Jakarta dengan melibatkan 36 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, reflektif jurnal, wawancara, catatan peneliti, lembar kerja peserta didik, dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang dilakukan berdasarkan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini menggunakan tahapan-thapan design thinking yang terdiri dari tahap emphatize, tahap define, tahap ideate, tahap prototype, dan tahap test. Pada penelitian ini untuk menganalisis perkembangan keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan dimensi yang dikembangkan oleh Tucson dan Arizona (2018), yaitu aspek mengumpulkan informasi, aspek pertanyaan, dan aspek menyusun penyelidikan pada dimensi memahami masalah, aspek pengelompokkan dan aspek pembuatan makna pada dimensi menemukan solusi, serta aspek refleksi, aspek perencanaan, dan aspek pola pikir pada dimensi refleksi dan pengendalian diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik sebagian besar berada pada kategori “sangat berkembang” dengan rata-rata persentase sebesar 66,33%, di mana aspek keterampilan berpikir kritis tertinggi adalah “aspek refleksi” dengan presentase sebesar 74%. Aspek keterampilan berpikir kritis yang berada pada kategori “sangat berkembang” adalah aspek pertanyaan, aspek menyusun penyelidikan, aspek pengelompokkan, aspek pembuatan makna, aspek refleksi, dan aspek pola pikir. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu keterampilan berpikir kritis peserta didik berkembang melalui penerapan integrasi design thinking dalam proyek STEAM pada materi koloid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc.,Ph.D. 2). Hayyun Lisdiana, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 24549 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:47
Last Modified: 06 Aug 2024 04:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48680

Actions (login required)

View Item View Item