LAILATUL MAGFIROH, . (2024) PENGARUH PERILAKU PHUBBING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (226kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
Abstract
Bagi remaja kebutuhan untuk berinteraksi sangat penting ditengah perkembangan penggunaan smartphone untuk perkembangan sosial, emosional, dan psikologis serta memiliki pengaruh yang besar, terutama dalam interaksi dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perilaku phubbing terhadap interaksi sosial pada remaja. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Lokasi penelitian dilakukan di salah satu SMP negeri di Jakarta dan berlangsung dari bulan Mei 2024 – Juni 2024. Responden pada penelitian ini berjumlah 150 remaja yang memenuhi kriteria yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan instrumen Social Interaction Skills (SIS) untuk interaksi sosial dan Generic Scale of Phubbing (GSP) untuk perilaku phubbing. Teknik Analisis data yang digunakan adalah uji signifikan regresi, yang menghasilkan nilai Fhit (b/a) = 16,782 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku phubbing berpengaruh terhadap interaksi sosial pada remaja. Selanjutnya diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 0,102, sehingga kontribusi perilaku phubbing terhadap interaksi sosial adalah sebesar 10,2%. Remaja yang memiliki perilaku phubbing yang tinggi akan memiliki interaksi sosial yang rendah. ***** For adolescents, the need to interact is very important amid the development of smartphone use for social, emotional, and psychological development and has a great influence, especially in interactions with peers. This study aims to determine the effect of phubbing behavior on social interaction in adolescents. The research was conducted using associative quantitative research methods with data collection methods using questionnaires. The research location was conducted at one of the public junior high schools in Jakarta and took place from May 2024 - June 2024. Respondents in this study amounted to 150 adolescents who met the specified criteria. This study uses the Social Interaction Skills (SIS) instrument for social interaction and the Generic Scale of Phubbing (GSP) for phubbing behavior. The data analysis technique used was the regression significance test, which resulted in a value of Fhit (b/a) = 16.782 and a value of Sig. 0,000 < 0,05. The results showed that phubbing behavior affects social interaction in adolescents. Furthermore, the coefficient of determination is 0.102, so the contribution of phubbing behavior to social interaction is 10.2%. Teenagers who have high phubbing behavior will have low social interactions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Maya Oktaviani, S.Pd., M.Pd. 2). Hurriyyatun Kabbaro, S.Si., M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Users 24876 not found. |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:39 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48763 |
Actions (login required)
View Item |