IRMA YULIA PRAMONO, . (2024) PENGARUH MANAJEMEN WAKTU, EFIKASI DIRI, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PENYELESAIAN MASA STUDI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (991kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (218kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Studi ini memiliki tujuan untuk menentukan sejauh mana manajemen waktu, efikasi diri, dan motivasi belajar mempengaruhi prokrastinasi akademik. Metodelogi dalam studi ini berdasarkan penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan sampling acak sederhana dengan memilih angkatan 2017, 2018, dan 2019 sebagai sampel dan populasi. Populasi dalam studi sebanyak 152, dan 110 mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dalam bentuk pernyataan tertutup melalui google form link dan analisis data. Pada hasil penelitian ini sebesar 77,3 % variabel manajemen waktu, efikasi diri, dan motivasi belajar mempengaruhi prokrastinasi akademik. Sedangkan 27,7 % sisa nya tidak diujiakan dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan : manajemen waktu berpengaruh secara positif pada motivasi belajar, kemudian efikasi diri memiliki pengaruh secara positif pada motivasi belajar, manajemen waktu memiliki pengaruh negatif pada prokrastinasi akademik, efikasi diri memiliki pengaruh negatif pada prokrastinasi akademik, motivasi belajar memiliki pengaruh negatif pada prokrastinasi akademik, manajemen waktu melalui motivasi belajar memiliki pengaruh pada prokrastinasi akademik, efikasi diri melalui motivasi belajar juga memiliki pengaruh pada prokrastinasi akademik. Kata Kunci : Manajemen Waktu, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Prokrastinasi Akademik. ***** This study aims to determine the extent to which time management, self-efficacy, and learning motivation affect academic procrastination. The methodology in this study is based on quantitative research. The sampling technique used was simple random sampling by selecting the classes of 2017, 2018, and 2019 as the sample and population. The population in the study was 152, and 110 students who were working on the final project as a sample. The data collection technique used is a questionnaire in the form of a closed statement through a google form link and data analysis. In the results of this study, 77.3% of the variables of time management, self-efficacy, and learning motivation affect academic procrastination. While the remaining 27.7% is not tested in this study. The results show: time management has a positive effect on learning motivation, then self-efficacy has a positive effect on learning motivation, time management has a negative effect on academic procrastination, self-efficacy has a negative effect on academic procrastination, learning motivation has a negative effect on academic procrastination, time management through learning motivation has an influence on academic procrastination, self-efficacy through learning motivation also has an influence on academic procrastination. Keywords: Time Management, Self-Efficacy, Learning Motivation, and Academic Procrastination.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Siti nurjanah, S.E, M.Si. ; 2). Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, SE., M.SE. |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 24177 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 00:52 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 00:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48954 |
Actions (login required)
View Item |