PENGARUH PERFEKSIONISME ADAPTIF DAN PERFEKSIONISME MALADAPTIF TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SHOFIA HANIYAH, . (2024) PENGARUH PERFEKSIONISME ADAPTIF DAN PERFEKSIONISME MALADAPTIF TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perfeksionisme adaptif dan perfeksionisme maladaptif terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Perfeksionisme yang dimiliki oleh mahasiswa seringkali menimbulkan perasaan ingin sempurna yang berlebihan dalam mengerjakan tugas, sehingga kerap kali muncul perilaku prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode kuesioner dengan teknik convenience sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 307 mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Instrumen yang digunakan adalah Academic Procrastination Scale (APS) oleh McCloskey dan Scielzo (2015) untuk mengukur prokrastinasi akademik dan 19-Item Almost Perfect Scale-Revised yang dikembangkan oleh Rice, Richardson dan Tueller (2014) untuk mengukur perfeksionisme adaptif dan perfeksionisme maladaptif. Hasil analisis regresi linear berganda pada penelitian menunjukkan bahwa perfeksionisme adaptif berpengaruh secara negatif terhadap prokrastinasi akademik dan perfeksionisme maladaptif berpengaruh secara positif terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai p-value sebesar 0,000 (< 0,05) serta memberikan kontribusi secara simultan dan bersamaan sebesar 18,8%. Implikasi dari penelitian ini memfokuskan bahwa perfeksionisme maladaptif menyebabkan prokrastinasi akademik karena adanya ekspektasi yang tinggi dan keinginan akan kesempurnaan dalam hasil tugas. Untuk mengatasinya, penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan non-teknis, seperti manajemen waktu, disiplin, kemampuan beradaptasi, komunikasi, dan kerja sama tim, guna mengurangi kecenderungan untuk menunda-nunda dalam menyelesaikan tugas akademik. ***** This study aims to determine the effect of adaptive perfectionism and maladaptive perfectionism on academic procrastination among students of the Faculty of Educational Psychology at the State University of Jakarta. The perfectionism possessed by students often leads to have high standards feelings of wanting to be perfect to do an academic task, resulting in frequent academic procrastination behavior. The research employs a quantitative approach using a questionnaire method with convenience sampling technique, results the sample of 307 students from the Faculty of Educational Psychology at the State University of Jakarta. The instruments that used on this study is Academic Procrastination Scale (APS) by McCloskey and Scielzo (2015) to measure academic procrastination, and the 19-Item Almost Perfect Scale-Revised developed by Rice, Richardson, and Tueller (2014) to measure adaptive perfectionism and maladaptive perfectionism. The results of the multiple linear regression analysis in the study indicate that adaptive perfectionism has a negative effect on academic procrastination, while maladaptive perfectionism has a positive effect on academic procrastination, with a p-value of 0.000 (< 0.05). These factors contribute simultaneously and collectively to 18.8%. The implications of this study highlight that maladaptive perfectionism leads to academic procrastination due to the high expectations and desire for perfection in task outcomes. To counter this, it's important for students to enhance their soft skills, such as time management, discipline, adaptability, communication, and teamwork, to reduce the tendency to procrastinate academically.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R. A. Fadhallah, S.Psi., M.Si. ; 2). Mira Ariyani, PhD.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 24776 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2024 23:36
Last Modified: 12 Aug 2024 23:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48964

Actions (login required)

View Item View Item