Hubungan Jarak Tempat Tinggal dengan Hasil Belajar Siswa SDN Sinargunung, Kabupaten Cianjur

RIANA PUTRIE, . (2020) Hubungan Jarak Tempat Tinggal dengan Hasil Belajar Siswa SDN Sinargunung, Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
00 COVER ALL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
09 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
10 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
12 BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
16 LM DAN DRH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan pendidikan banyak menghadapi problematika atau masalah dilapangan dalam menjalankannya. Sekolah Dasar Sinar Gunung merupakan salah satu dari problematika tersebut karena berada pada daerah pegunungan sehingga letak sekolah terhadap rumah siswa jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan jarak tempat tinggal dengan hasil belajar siswa SDN Sinargunung Kabupaten Cianjur dengan mengkaitkan hubungan antara jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah dan nilai hasil belajar siswa. Waktu penelitian ini pada Bulan Agustus hingga Oktober tahun 2018 menggunakan data sekunder yaitu nilai PTS (Penilaian Tengah Semester). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN Sinargunung Kabupaten Cianjur, dengan sampel diambil dari kelas 1, 2 dan 3. Metode analisisnya yaitu Pearson Moment Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar bukan satu-satunya dipengaruhi oleh jarak tempat tinggal, tetapi ada faktor lain selain faktor jarak, kondisi geografis, sarana prasarana dan akses sekolah yang belum memadai yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa SDN Sinargunung Kabupaten Cianjur. Sehingga menyebabkan nilai PTS siswa di sekolah tersebut kurang memenuhi standar nilai kriteria ketuntasan minimal. The progress in education faces many issues at the field of the implementation. SDN Sinargunung is facing one of the problems because it is located in a mountainous area, where the school is located far away from the students’ residence. Thus, studies were conducted with a view to the relationship between the distances of the students residence, with the study results of SDN Sinargunung students. The time for this study is conducted in August to October of 2018. Using a secondary data, specifically is midterm assessment. The research is using a quantitative method with a descriptive approach. The population at this research is in all students, taking samples from grade 1, 2 and 3. The analytical method is pearson moment correlation. This research show that learn is not only affected by stayed distance but there’s also another factors such as geographic condition and school accessability which still in unproper condition can affected to SDN Sinargunung Cianjur District learning result. These reasons cause midterm score of the student didn’t reach minimum criteria standard compleness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Oot Hotimah S.Pd, M.Si. ; 2). Dr. Aris Munandar S.Pd, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2020 16:24
Last Modified: 06 Mar 2020 16:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4904

Actions (login required)

View Item View Item