EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EHON DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT HIRAGANA SISWA KELAS X SMK YPK KESATUAN JAKARTA

DWI PUTRA FAKHRI, . (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EHON DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT HIRAGANA SISWA KELAS X SMK YPK KESATUAN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas media ehon (buku bergambar bahasa Jepang) terhadap kemampuan mengingat hiragana siswa kelas X SMK YPK Kesatuan Jakarta, juga untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan media ehon apabila digunakan pada kemampuan mengingat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi-nonequivalent control group design, dimana penelitian menggunakan satu sampel yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes berupa pretest dan posttest, serta hasil angket berupa kuesioner. Berdasarkan data yang telah diolah, dapat diketahui bahwa penggunaan media ehon kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan mengingat hiragana siswa. Hasil data statistik pada pretest dan posttest menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil nilai kelompok eksperimen dengan kelas kontrol. Sedangkan pada hasil angket menunjukkan hasil yang cukup positif, dimana diketahui bahwa siswa memiliki ketertarikan serta antusiasme yang tinggi terhadap media ehon sehingga mereka mudah untuk mengarahkan atensi mereka kepada media tersebut. Meski demikian, daya ingat siswa terhadap huruf hiragana cukup rendah meskipun telah menggunakan media ehon. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa media ehon tidak dapat menjadi alternatif apabila diterapkan untuk meningkatkan kemampuan mengingat hiragana dalam pembelajaran Bahasa Jepang kelas X SMK YPK Kesatuan Jakarta. Hal ini dikarenakan media ehon kurang dapat meningkatkan kognitif siswa secara signifikan, meskipun terdapat peningkatan terhadap afektif siswa. Hal ini juga disebabkan oleh beberapa hal. Pertama yaitu jumlah sampel penelitian yang sedikit yaitu total 20 sampel atau siswa, sehingga membutuhkan sampel yang lebih banyak agar hasil data statistik yang lebih akurat. Kemudian waktu eksperimen penelitian yang terlalu singkat yaitu hanya tiga hari, sehingga membutuhkan waktu yang lebih panjang dalam penerapannya agar media ini dapat digunakan secara efektif dan mendapatkan hasil yang diharapkan. **** This study aims to determine the effectiveness of ehon media (Japanese picture book) on hiragana memorization ability of tenth-grade students of SMK YPK Kesatuan Jakarta, as well as to find out the advantages and disadvantages of ehon media when it is used for memorization ability. This study uses a quasi-nonequivalent control design, where the research uses one sample which is then divided into two groups to be used as an experiment class and a control class. The data collected in the form of tests result in the form of pretests and posttests, as well as the results of questionnaires. Based on the data that have been processed show that the usage of ehon media is less effective in improving students' ability to remember hiragana. The results of statistical data on pretest and posttest show that there is no significant difference between the results of the experimental class and the control class. Meanwhile, the questionnaire results show quite positive results, where students have high interest and enthusiasm for ehon media so that they are easy to direct their attention to the media. However, the students’ hiragana memorization ability is quite low despite using ehon media. Therefore, it can be concluded that ehon media cannot be an alternative when applied to improve hiragana memorization ability in Japanese language subject for tenth-grade students of SMK YPK Kesatuan Jakarta. It is because ehon media is less able to significantly improve students' cognitive skills, although there is a quite improvement in students' affective skills. It is also caused by several things. First, the small number of research samples, namely a total of 20 samples or students, and more samples are needed for more accurate statistical data results. Then the research experiment time is too short, which is only three days, so it requires to apply this media for a longer time to be used effectively and to get the expected results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Frida Philiyanti, M.Pd. ; 2). Dr. Cut Erra Rismorlita, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 24993 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:40
Last Modified: 07 Aug 2024 04:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49098

Actions (login required)

View Item View Item