PENGARUH MEDIA YOUTUBE KECANTIKAN TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MAKE UP KARAKTER LUKA PADA SISWI STUDENT’S DAY TATA RIAS SMA PLUS PGRI CIBINONG

DWI FITRI RACHMAWATI, . (2024) PENGARUH MEDIA YOUTUBE KECANTIKAN TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MAKE UP KARAKTER LUKA PADA SISWI STUDENT’S DAY TATA RIAS SMA PLUS PGRI CIBINONG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh media Youtube kecantikan terhadap hasil pembelajaran make up karakter luka pada siswi Student's Day Tata Rias di SMA Plus PGRI Cibinong. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya pemanfaatan media sosial, khususnya Youtube, sebagai media pembelajaran dalam pendidikan kejuruan. Penggunaan media pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan hasil pembelajaran dengan menyampaikan materi secara lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah siswi kelas XI yang mengikuti mata pelajaran Make Up Karakter Luka. Data dianalisis menggunakan uji Hipotesis T untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan media Youtube dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa H0 Tidak ada hubungan yang signifikan terhadap pengaruh Media Youtube terhadap hasil belajar siswi pada mata pelajaran Make Up Karakter Luka ditolak dan H1 yang menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan terhadap pengaruh Media Youtube terhadap hasil belajar siswi pada mata pelajaran Make Up Karakter Luka. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media Youtube sebagai media pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap hasil pembelajaran make up karakter luka. Kata kunci: Media Youtube, hasil pembelajaran, make up karakter luka, pendidikan kejuruan, media pembelajaran. ABSTRACT This study aims to determine the influence of using beauty Youtube media on the learning outcomes of wound character makeup among students of Student's Day Cosmetology at SMA Plus PGRI Cibinong. The background of this research focuses on the importance of utilizing social media, particularly Youtube, as a learning medium in vocational education. Effective use of learning media can enhance learning outcomes by presenting material in a more engaging and easily understandable manner for students. This research employs a quantitative method with a pre-test and post-test approach. The subjects of the study are eleventh-grade students who take the Wound Character Makeup course. Data were analyzed using the T-test hypothesis to determine the difference in learning outcomes between the experimental class using Youtube media and the control class that did not use this media. The hypothesis test results concluded that H0, which states that there is no significant relationship between the influence of Youtube media on students' learning outcomes in the Wound Character Makeup course, is rejected, and H1, which states that there is a significant relationship between the influence of Youtube media on students' learning outcomes in the Wound Character Makeup course, is accepted. This finding indicates that the use of Youtube media as a learning tool positively influences the learning outcomes of wound character makeup.. Keywords: Youtube media, learning outcomes, wound character makeup, vocational education, learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Jenny Sista Siregar,M.Hum 2). Prof. Dr. Neneng Sitti Silfi Ambarwati,S,Si,Apt,Msi
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: dwi fitri rachmawati .
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:53
Last Modified: 07 Aug 2024 03:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49106

Actions (login required)

View Item View Item