Elsa Octavia Simangunsong, . (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAPASITAS LAPANGAN PENUMPUKAN DI TERMINAL PETI KEMAS KOJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (876kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (837kB) | Request a copy |
Abstract
Pelabuhan merupakan infrastruktur kunci dalam mendukung aktivitas perdagangan internasional dan pengembangan ekonomi suatu negara. Fungsi utama pelabuhan sebagai pusat kegiatan pemerintahan dan ekonomi memerlukan pelayanan yang optimal untuk menjamin efisiensi dan keberlanjutan dalam rantai pasok global. Terminal peti kemas di pelabuhan, sebagai titik sentral bongkar muat barang, memainkan peran penting dalam menangani arus logistik yang semakin kompleks dan cepat. Yard Occupancy Ratio (YOR) adalah parameter penting yang mengukur efisiensi penggunaan lapangan penumpukan peti kemas. YOR ideal berada dalam kisaran 50%-60%, menunjukkan penggunaan lapangan yang optimal tanpa overcapacity yang berpotensi mengganggu operasional. Dalam konteks ini, pengelolaan kapasitas lapangan penumpukan menjadi krusial untuk menghindari delay dalam proses bongkar muat yang dapat mengakibatkan penurunan produktivitas dan biaya tambahan bagi eksportir dan importir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kapasitas lapangan penumpukan di Terminal Peti Kemas Koja. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor operator (Sumber Daya Manusia/Operator) dan fasilitas (infrastruktur fisik) memiliki dampak signifikan terhadap kapasitas dan efisiensi operasional. Pengaturan shift kerja, pelatihan operator, perawatan peralatan, kondisi infrastruktur jalan, dan manajemen blok penumpukan adalah beberapa aspek kunci yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kapasitas dan mengoptimalkan penggunaan lapangan. Optimalisasi infrastruktur fisik dan manajemen Sumber Daya Manusia/Operator merupakan langkah penting untuk meningkatkan kapasitas lapangan penumpukan dan memastikan pelabuhan beroperasi secara efisien dan efektif. Hal ini tidak hanya mendukung kelancaran arus barang, tetapi juga mengoptimalkan fungsi strategis pelabuhan sebagai pusat logistik regional yang handal dan kompetitif di tingkat global. Kata Kunci: Pelabuhan, Yard Occupancy Ratio (YOR), Logistik ***** Ports are key infrastructure in supporting international trade activities and economic development of a country. The main function of ports as centers of government and economic activities requires optimal services to ensure efficiency and sustainability in the global supply chain. Container terminals at ports, as central points for loading and unloading goods, play an important role in handling increasingly complex and fast logistics flows. Yard Occupancy Ratio (YOR) is an important parameter that measures the efficiency of using container stacking yards. The ideal YOR is in the range of 50%-60%, indicating optimal field use without overcapacity which has the potential to disrupt operations. In this context, managing stacking yard capacity is crucial to avoid delays in the loading and unloading process which can result in reduced productivity and additional costs for exporters and importers. This research uses quantitativedescriptive methods to identify factors that influence the capacity of the stacking yard at the Koja Container Terminal. The analysis results show that operator factors (Human Resources/Operators) and facilities (physical infrastructure) have a significant impact on operational capacity and efficiency. Work shift arrangements, operator training, equipment maintenance, road infrastructure conditions, and stacking block management are some of the key aspects that need to be considered to increase capacity and optimize field use. Optimizing physical infrastructure and Human Resources/Operator management are important steps to increase the capacity of the stacking yard and ensure the port operates efficiently and effectively. This not only supports the smooth flow of goods, butalso optimizes the port's strategic function as a regional logistics center that is reliable and competitive at the global level. Keywords: Ports, Yard Occupancy Ratio (YOR), Logistics
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Kencana Verawati, S.S.T.,M.M.Tr ; 2). Siti Sahara S.Pd, M.Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Hidraulik, Pelabuhan, Irigasi |
Divisions: | FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim |
Depositing User: | Elsa Octavia Simangunsong . |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 23:23 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 23:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49120 |
Actions (login required)
View Item |