PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING METHOD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 236 JAKARTA.

DIMAS REZA PRADITYA, . (2020) PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING METHOD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 236 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (983kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (830kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hasil belajar dengan metode pemecahan masalah Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April 2019, bertempat di kelas VIII-B SMPN 236 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan dalam satu siklus, Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pemecahan masalah terjadi suasana pembelajaran yang tertib dan aktif sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari siklus 1 ke siklus 2 terdapat peningkatan. Pada siklus 1 jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas hanya 2 siswa atau 6% saja. Sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 18 siswa atau 53%. Pada siklus 3 terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, yaitu 34 siswa telah tuntas belajar atau 100%. Dapat disimpulkan dari siklus 1 sampai dengan siklus 3 terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 94%. Metode pemecahan masalah sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar. This classroom action research is motivated by the low learning outcomes of social science subjects. This study aims to improve the learning outcomes of 236 Jakarta junior high school students with problem solving method. This research was conducted in March to April 2019, located in class VIII-B of SMPN 236 Jakarta. This type of research is Classroom Action Research with 3 cycles consisting of three meetings in one cycle, each cycle consisting of: planning, implementation, observation and reflection. The data collection techniques and tools in this study used descriptive analysis techniques for the data in the form of student work documents, lists of values and observation sheets. The results showed that the problem solving method occurred an orderly and active learning atmosphere so that student learning outcomes increased, ie from cycle 1 to cycle 2 there was an increase. In cycle 1 the number of students who received complete grades was only 2 students or only 6%. Whereas in cycle 2 there was an increase in complete value which was 18 students or 53%. In cycle 3 there is a significant increase in student learning outcomes, namely 34 students have completed learning or 100%. It can be concluded from cycle 1 to cycle 3 there was an increase in learning outcomes by 94%. Problem solving methods are very effective and can improve learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eko Siswono, M.Si ; 2). Shahibah Yuliani, S.Sos, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 1612 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2020 14:40
Last Modified: 20 Mar 2020 14:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4918

Actions (login required)

View Item View Item