HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 34 JAKARTA

AWALIA SEPTYANI, . (2020) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 34 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (122kB)
[img] Text
2. ABSTRAK-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (898kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
10. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (382kB)

Abstract

Lingkungan keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama dimana seseorang dilahirkan dan mendapat pendidikan, bimbingan dan pengetahuan yang nantinya akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kemandirian belajar merupakan motivasi yang ada pada diri seorang peserta didik dalam melakukan keseluruhan aktivitas belajarnya secara sadar dan mandiri tanpa bantuan orang lain. Untuk mendukung prestasi belajar yang baik diperlukan lingkungan keluarga yang baik dan kemandirian dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif. Pada penelitian ini menggunakan metode ex post facto yang bersifat deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI TITL di SMK Negeri 34 Jakarta sebanyak 68 orang. Metode pengambilan data untuk variabel lingkungan keluarga dan kemandirian belajar menggunakan kuesioner model angket dengan Skala Likert, sedangkan untuk variabel prestasi belajar mata pelajaran produktif menggunakan metode dokumentasi berupa nilai murni Ujian Tengah Semester. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% di peroleh nilai rhitung = 0,711 dan nilai rtabel = 0,239 dimana rhitung > rtabel menunjukkan bahwa terdapat hubungan antar variabel, kemudian nilai Fhitung = 33,23 dan Ftabel = 3,14 dimana Fhitung > Ftabel menunjukkan bahwa terdapat signifikansi antar variabel dan nilai determinasi sebesar 0,505 yang menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan kemandirian belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 51% terhadap prestasi belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI TITL SMKN 34 Jakarta. The family environment is the first and foremost environment in which a person is born and gets education, guidance and knowledge which will later be applied in everyday life. While learning independence is a motivation that exists in a learner in carrying out overall learning activities consciously and independently without the help of others. To support good learning achievement requires a good family environment and independence in learning. The purpose of this study was to determine the relationship between family environment and learning independence with the learning achievement. In this study using the ex post facto descriptive correlative method with a quantitative approach. The population in this study were students of class XI TITL at SMK Negeri 34 Jakarta as many as 68 people. Data collection methods for family environment variables and learning independence using questionnaire models with Likert Scale, while for the variable learning achievement of productive subjects using the method of documentation in the form of pure value Mid-Term Exams. The results showed that the hypothesis test with a significance level of 5% obtained rcount = 0,711 and value of rtable = 0,239 where rcount > rtable shows that there is a relationship between variables, then the value of Fcount = 33,23 and Ftable = 3.14 where Fcount > Ftable shows that there is a significance between variables and a determination value of 0,505 which indicates that family environment and learning independence together have an effect of 51% on learning achievement. So it can be concluded that there is a positive and significant relationship between family environment and learning independence with the learning achievements of productive lessons of class XI TITL at SMK Negeri 34 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.pd 2). Dr. Daryanto, M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1520 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2020 15:45
Last Modified: 04 Mar 2020 15:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4923

Actions (login required)

View Item View Item