UPAYA PENERAPAN MODEL CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 20 Tangerang Banten)

SALWA SALSABILA, . (2020) UPAYA PENERAPAN MODEL CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 20 Tangerang Banten). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - NIM.pdf

Download (244kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (900kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (366kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (518kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (868kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (633kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (517kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan penerapan model pembelajaran card sort dalam meningkatkan hasil belajar IPS kelas VII-E SMP Negeri 20 Tangerang semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 dari bulan Oktober sampai bulan November 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 3 siklus, dan dari setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan Tindakan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Observasi (observating), dan Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dari hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Siklus satu sebesar 42% (15 peserta didik) memperoleh nilai hasil belajar di atas KKM 70, siklus dua sebesar 74% (26 peserta didik) memperoleh nilai hasil belajar di atas KKM 70, siklus ketiga sebesar 94% (33 peserta didik) mencapai nilai di atas KKM 70. Selain itu keberhasilan peningkatan juga terjadi pada penerapan keaktifan siswa untuk bertanya, menjawab, berpendapat, dan memecahkan masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya penerapan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik dan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik, sehingga peserta didik dapat memperoleh nilaiyang lenih naik yaitu di atas KKM 70. The purpose of this study was to determine the successful application of the card sort in improving learning outcomes of SMP Negeri 20 Tangerang in VII-E class on school year 2018/2019 semester I from 2018 October until November. The method which used is Classroom Action Research (PTK). This research used 3 main cycle and in every cycle, there are 4 step, that is: Planning, Acting, Observating and Reflecting. According to the result of this reseach, the learning outcomes is increasing in every cycle. In first cycle, 15 students (42% of the total students) got the result above KKM 70. In second cycle, 26 students (74% of the total students) got the result above KKM 70. In third cycle, 33 students (94% of the total students) got the result above KKM 70. Beside of that, student activeness of asking, answering, arguing and solving the problem are increasing too. Thus, conclussions can be drawn is efforts to apply card sort learning model can increase the student learning outcomes and increase student activeness, so the student can get a better result that is above KKM 70.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eko Siswono, M.Si ; 2). Dr. Desy Safitri, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 1583 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2020 12:35
Last Modified: 04 Mar 2020 12:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4939

Actions (login required)

View Item View Item