PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES DALAM MEMBENTUK BRAND LOYALTY PADA PRODUK SKINCARE RAMAH LINGKUNGAN

JIHAN FADHILAH, . (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES DALAM MEMBENTUK BRAND LOYALTY PADA PRODUK SKINCARE RAMAH LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas merek pada produk skincare ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis dampak aktivitas pemasaran media sosial terhadap loyalitas merek pada merek skincare ramah lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling method dengan menyebarkan kuesioner secara daring melalui microsoft online form dengan kriteria responden yaitu merupakan masyarakat yang berada di wilayah DKI Jakarta, mengikuti akun media sosial dari merek skincare ramah lingkungan, dan pernah melakukan pembelian produk skincare ramah lingkungan sebanyak tiga kali dalam tiga bulan terakhir. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 260 responden. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Penelitian ini menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25 digunakan peneliti untuk melakukan uji validitas, Averange Variance Extracted (AVE), dan reliabilitas. AMOS versi 26 digunakan untuk melakukan analisis kesesuaian model dan hipotesis dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel aktivitas pemasaran media sosial memiliki pengaruh positif terhadap kepercayaan merek, keterlibatan komunitas, dan kesadaran merek. Kesadaran merek terbukti memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas merek. Kemudian variabel aktivitas pemasaran media sosial, kepercayaan merek, dan keterlibatan komunitas tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas merek. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas lokasi penelitian dengan menargetkan responden dari satu negara seperti Indonesia, melakukan penelitian dalam konteks produk ramah lingkungan selain skincare contohnya produk plastik ramah lingkungan, dan mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi loyalitas merek seperti variabel ekuitas merek dan tanda cinta.*****This study examines the factors that influence brand loyalty in environmentally friendly skincare products. This study aims to explore and analyze the impact of social media marketing activities on brand loyalty in environmentally friendly skincare brands. This research is a quantitative study using a sampling technique using purposive sampling method by distributing questionnaires online through Microsoft online form with the criteria of respondents, namely people who live in the DKI Jakarta area, follow social media accounts from environmentally friendly skincare brands, and have purchased environmentally friendly skincare products three times in the last three months. The total number of respondents in this study was 260 respondents. The data in this study were analyzed using the Structural Equation Model (SEM). This study uses SPSS version 25 software used by researchers to test validity, Averange Variance Extracted (AVE), and reliability. AMOS version 26 was used to analyze the model fit and hypotheses in this study. The results of this study show that social media marketing activity variables have a positive influence on brand trust, community engagement, and brand awareness. Brand awareness is proven to have a positive influence on brand loyalty. Then the variables of social media marketing activities, brand trust, and community engagement do not have a positive effect on brand loyalty. Future research is recommended to expand the research location by targeting respondents from one country such as Indonesia, conduct research in the context of environmentally friendly products other than skincare, for example environmentally friendly plastic products, and explore other factors that might affect brand loyalty such as brand equity variables and lovemark.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Usep Suhud., M.Si., Ph.D. ; 2). Ika Febrilia, S.E., M.M
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Users 25208 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:02
Last Modified: 08 Aug 2024 05:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49415

Actions (login required)

View Item View Item