PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 14 JAKARTA

ROBBY SEPTIANSYAH, . (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menemukan apa saja yang ditanamkan para guru kepada siswa terhadap nilai-nilai kejujuran di SMA N 14 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh peneliti melalui dokumentasi, observasi, wawancara. Untuk responden yang peneliti wawancara dalam penelitian ini adalah beberapa guru dan siswa di SMA N 14 Jakarta Timur. Penelitian ini juga menggunakan teori berupa metode yang digunakan para guru dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada siswa yaitu (1) metode keteladanan, (2) metode pembiasaan, (3) metode nasehat, (4) metode pengawasan dan pengamatan, dan (5) metode hukuman. Untuk nilai kejujuran yang digunakan yaitu (1) jujur pada lisan, (2) jujur pada niat, (3) jujur dalam perbuatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penanaman yang dilakukan guru di SMA N 14 Jakarta Timur dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran lisan, niat, dan perbuatan pada siswa adalah dengan tidak membawa atau memainkan hp ketika KBM, bersama-sama sholat di masjid, mengajar dengan semangat, tidak membiarkan siswa menyontek konsisten dengan komitmen, menggunakan kantin kejujuran dengan benar, konsekuensi ketika ulangan, mengatakan yang sebenarnya, niatkan baik ketika ke sekolah dan belajar, ibadah (jum’atan, keputrian, ibadah non islam), mengembalikan piring dan gelas ke kantin, pembinaan kelas, menceritakan pengalaman positif tentang jujur, teguran terus menerus, pengawasan dan pengamatan yang dilakukan seluruh warga sekolah dan berkontribusi dengan orang tua siswa serta CCTV, memberikan hukuman yang sesuai dengan ketidakjujuran siswa dan pembinaan langsung dengan wali kelas, teguran dan menghubungi orang tua, menyita barang dan di dirikan di luar kelas, membersikhkan perpustakaan. Kata kunci : Penanaman, Nilai-Nilai, Kejujuran, SMA. This research is aimed at finding out what teachers instill in students of honesty values in SMA N 14 East Jakarta. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. Data obtained by researchers through documentation, observation, interviews. For respondents interviewed researchers in this study were a number of teachers and students in SMA N 14 East Jakarta. This study also uses theory in the form of methods used by teachers in instilling honesty values in students, namely (1) the exemplary method, (2) the habituation method, (3) the advisory method, (4) the supervision and observation method, and (5) punishment method. For honesty values used are (1) honest in verbal, (2) honest in intention, (3) honest in deed. Based on the results of research conducted it can be concluded that the planting carried out by teachers in SMA N 14 East Jakarta in instilling the values of verbal honesty, intentions, and deeds in students is not to bring or play cellphones when KBM, together with prayers in the mosque, teach with enthusiasm, do not let students cheat consistent with commitment, use honesty canteen correctly, the consequences when repetition, tell the truth, intend good when going to school and learning, worship (Friday, daughterhood, non-Islamic worship), returning plates and glasses to the canteen, coaching classes, telling positive experiences about honesty, continuous reprimands, supervision and observations made by all school members and contributing to parents and CCTV, providing penalties according to student dishonesty and direct coaching with homeroom teachers, reprimands and contacting parents, confiscating items and setting up outside the classroom, clean the library. Keywords: Cultivation, Values, Honesty, High School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Izzatul Mardhiah, S.Ag., M.A. ; 2). Yusuf Ismail, S.Ag., M.Ag.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 903 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2020 11:31
Last Modified: 05 Mar 2020 11:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4943

Actions (login required)

View Item View Item