PEMANFAATAN STOP DISASTERS GAME DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN PENGURANGAN RISIKO BENCANA BANJIR DI SMAN 98 JAKARTA

ARWI IRNAWATI, . (2024) PEMANFAATAN STOP DISASTERS GAME DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN PENGURANGAN RISIKO BENCANA BANJIR DI SMAN 98 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Judul Tesis.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Kesimpulan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana permainan edukatif Stop Disasters Game mampu menstimulasi pengetahuan dan pemahaman peserta didik SMAN 98 Jakarta pada materi pengurangan risiko bencana banjir. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2023 – Juni 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan One Group Pre test-Post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 12 SMAN 98 yang mengambil mata pelajaran geografi tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 179 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sehingga jumlah sampel yang diujikan adalah sebesar 64 peserta didik. Pengambilan data menggunakan pre test dan post test dengan tes yang digunakan dalam bentuk pilihan ganda untuk mengukur tingkat pemahaman dan esai mengukur pengetahuan. Teknik analisis data untuk mengukur pengetahuan secara deskriptif persentase, sedangkan tingkat pemahaman menggunakan uji Normalized Gain (N Gain). Hasil analisis data rata- rata pengetahuan peserta didik sebelum diberikan perlakuan hanya sebesar 28%. Sementara itu, setelah adanya perlakuan dalam pembelajaran menggunakan Stop Disasters Game, rata-rata pengetahuan peserta didik meningkat menjadi 82%. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan sebesar 54% dan peningkatan tersebut berada pada kategori sedang, yang berarti terdapat kemajuan dan perkembangan yang positif. Hasil uji N Gain mendapat skor 0,67 dan berada pada kriteria sedang. N Gain skor yang memiliki nilai makin positif menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pada peserta didik setelah pembelajaran. Sementara itu, persentase rata-rata nilai N Gain sebesar 67% dan berada pada kriteria cukup efektif. Dengan demikian, pemanfaatan Stop Disasters Game dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik pada pembelajaran pengurangan risiko bencana banjir. ***** This study aims to identify the extent to which the Educational Game Stop Disasters game is able to stimulate the knowledge and understanding of SMAN 98 Jakarta students on Flood Risk Reduction material. This research was conducted in November 2023-June 2024. The method used in this study is an experiment using One Group Pre-test-Post test Design. The population in this study were all Grade 12 students of SMAN 98 who took geography subjects for the 2024/2025 school year with a total of 179 students. Sampling technique using random sampling so that the number of samples tested was 64 students. Data retrieval using pre test and post test with tests used in the form of multiple choice to measure the level of understanding and essay measuring knowledge. Data analysis techniques to measure knowledge in a descriptive percentage, while the level of understanding using the Normalized gain Test (N Gain). The results of data analysis the average knowledge of students before treatment is only 28%. Meanwhile, after the treatment in learning using Stop Disasters Game, the average knowledge of students increased to 82%. This shows an increase of 54% and the increase is in the medium category, which means there is progress and positive development. The results of the N Gain Test scored 0.67 and were on medium criteria. N Score Gain that has a more positive value indicates an increase in understanding of the learners after learning. Meanwhile, the average percentage of N Gain value is 67% and is on quite effective criteria. Thus, the use of Stop Disasters Game can increase the knowledge and understanding of students in flood risk reduction learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Samadi, M.Si. ; 2). Dr. Cahyadi Setiawan, S.Si, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Arwi Irnawati .
Date Deposited: 09 Aug 2024 00:39
Last Modified: 09 Aug 2024 00:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49434

Actions (login required)

View Item View Item