ZAKY HAMMAM, . (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI AR GeneX MATERI SUBSTANSI GENETIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (217kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Augmented reality dapat dimanfaatkan sebagai media yang memudahkan pembelajaran karena dapat memvisualisasikan objek Biologi menjadi model 3D secara digital. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan aplikasi AR GeneX. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Aplikasi AR GeneX diuji kelayakannya oleh ahli materi, media, dan bahasa. Aplikasi AR GeneX juga diuji coba secara one-to-one dengan tiga orang peserta didik serta kelompok kecil dengan satu orang guru Biologi dan 20 orang peserta didik. Pada uji kelayakan, aplikasi AR GeneX memperoleh rata-rata 4,5 (Sangat Layak) pada segi cakupan materi, 4,1 (Layak) pada segi tampilan media, dan 4,4 (Sangat Layak) pada segi penggunaan bahasa. Hasil uji coba one-to-one dan kelompok kecil menunjukkan respons yang positif dengan kategori “Baik”. Kesimpulan penelitian ini adalah aplikasi AR GeneX sebagai salah satu media pembelajaran berbasis augmented reality dapat digunakan dan memperkaya ragam media pada materi substansi genetik.*****Augmented reality can be used as a learning media that makes it easier because it can digitally visualize biological objects into 3D models. This research aims to develop and test the feasibility of the AR GeneX. The research method used is the research and development (R&D) with the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). The AR GeneX was tested for feasibility by material, media, and language experts. The AR GeneX was also tested in a one-to-one trial with three students and a small group trial with one Biology teacher and 20 students. The result of the feasibility test is that the AR GeneX obtained an average of 4.5 (Very Feasible) from material experts, 4.1 (Feasible) from media experts, and 4.4 (Very Feasible) from language experts. The result of the one-to-one and the small group trial showed a positive response in the “Good” category. This research concludes that the AR GeneX as one augmented reality-based learning media can be used and enrich a variety of media in genetic substance material.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si. ; 2). Daniar Setyo Rini, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Ilmu Bumi > Biologi Sains > Ilmu Bumi > Genetika Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 25243 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 00:32 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 00:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49519 |
Actions (login required)
View Item |