STRATEGI MANAJEMEN KRISIS KOMUNIKASI PADA DPP PKS (STUDI PADA CALEG PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) YANG MEMUTUS ALIRAN AIR WARGA KAMPUNG CISURU)

HERLINA, . (2024) STRATEGI MANAJEMEN KRISIS KOMUNIKASI PADA DPP PKS (STUDI PADA CALEG PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) YANG MEMUTUS ALIRAN AIR WARGA KAMPUNG CISURU). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen krisis merupakan perencanaan strategis untuk mencegah dan merespons selama terjadinya krisis, sebuah proses yang menghilangkan beberapa risiko dan ketidakpastian. Sehubungan dengan hal tersebut, humas perlu memastikan reputasinya baik dimata publik dan media dengan cara membuat strategi manajemen krisis melalui media massa. Tujuan pada penelitian ini peneliti ingin memberikan gambaran terkait strategi yang dilakukan Humas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam menangani krisis PR Politik tentang Caleg PKS yang memutus aliran air warga kampung Cisuru. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Krisis Situasional oleh W. Timothy Coombs dan Teori Perbaikan Citra oleh William L. Benoit sebagai kerangka teoritis. Dalam teori tersebut terdapat 4 elemen dari Teori Komunikasi Krisis Situasional yaitu Deny Strategy, Diminish Strategy, Rebuild Strategi dan Secondary Response Strategies. Dalam Teori Perbaikan Citra terdapat 5 elemen yaitu Denial, Evasion of Responsibility, Reducing the offensiveness, Corrective Action, dan Mortification. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi literatur. Humas di DPP PKS memanfaatkan media sosial sebagai bagian dari strategi manajemen krisis mereka. Melalui penerapan 4 strategi manajemen krisis dan 5 strategi pemulihan citra, Humas dapat memahami persepsi publik dan merancang strategi manajemen krisis yang efektif. Tujuannya adalah untuk mengubah pandangan publik menjadi lebih positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas di DPP PKS telah melaksanakan langkah-langkah strategis yang signifikan dalam manajemen krisis dan pemulihan citra, sehingga berhasil mengatasi krisis komunikasi yang dihadapi. Kata Kunci: Humas, Manajemen Krisis, Strategi Komunikasi Krisis. ****** Crisis management is strategic planning to prevent and respond during a crisis, a process that eliminates some risks and uncertainties. In connection with this, public relations needs to ensure its reputation is good in the eyes of the public and the media by creating a crisis management strategy through the mass media. The purpose of this study is to provide an overview of the strategies carried out by the Prosperous Justice Party (PKS) Public Relations in handling the Political PR crisis about PKS Candidates who cut off the water flow of Cisuru villagers. This research uses Situational Crisis Communication Theory by W. Timothy Coombs and Image Repair Theory by William L. Benoit as a theoretical framework. In the theory, there are 4 elements of Situational Crisis Communication Theory, namely Deny Strategy, Diminish Strategy, Rebuild Strategy and Secondary Response Strategies. In Image Repair Theory, there are 5 elements, namely Denial, Evasion of Responsibility, Reducing the offensiveness, Corrective Action, and Mortification. This research uses a qualitative approach with a descriptive study research method, data collected through interviews, observations, documentation studies, and literature studies. Public relations at the DPP PKS utilize social media as part of their crisis management strategy. Through the implementation of 4 crisis management strategies and 5 image restoration strategies, PR can understand public perceptions and design effective crisis management strategies. The goal is to change public views to be more positive. The results showed that Public Relations at the DPP PKS had implemented significant strategic steps in crisis management and image restoration, thus successfully overcoming the communication crisis faced. Keywords: Public Relations, Crisis Management, Crisis Communication Strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eko Nugroho, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Users 22534 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2024 05:08
Last Modified: 09 Aug 2024 05:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49597

Actions (login required)

View Item View Item