MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS HOTS PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN SRENGSENG SAWAH 11

TAUFIK AGUNG ISMADI, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS HOTS PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN SRENGSENG SAWAH 11. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (726kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inquiry berbasis HOTS pada kelas V-A SDN Srengseng Sawah 11 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam rentang waktu Maret-Mei 2024 pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis dan Mc Taggart dan dilakukan dalam tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kemampuan berpikir kritis yang diharapkan harus mencapai kriteria keberhasilan sebesar ≥75 dengan target ketuntasan sebesar 85% dari jumlah seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah diterapkan model pembelajaran inquiry berbasis HOTS yang ditandai dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa pada tiga siklus. Presentase kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 59,38% kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II dengan skor presentase sebesar 87,5% dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 28,12%. Pada siklus III, kemampuan berpikir kritis siswa kembali meningkat dengan presentase sebesar 93,75% dengan kata lain mengalami peningkatan kembali sebesar 6,25% dari siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan jika model pembelajaran inquiry berbasis HOTS diterapkan, maka dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. ***** This study aims to improve student's critical thinking skills through the application of HOTS-Based Inquiry Learning Model in class V-A SDN Srengseng Sawah 11, with 32 total students. The research was conducted in the period March – May 2024 during the even semester of the 2023/2024 school year. The research method used in this study was Classroom Action Research which adapted Kemmis and Mc Taggart’s model and was carried out in three cycles where each cycle consisted of four stages including planning, action, observation, and reflection. Critical thinking skills are expected to achieve success criteria of ≥75 with a completeness target of 85% of the total number of students. The results showed that there was an increase in students' critical thinking skills after applying HOTS-Based Inquiry Learning Model which was marked by increasing students critical thinking skills in three cycles. The percentage of critical thinking skills in cycle I was 59.38%, then experienced a significant increase in cycle II with a percentage score of 87.5%, in other words, an increase of 28.12%. In cycle III, students' critical thinking abilities increased again with a percentage of 93.75%, in other words, they experienced another increase of 6.25% from cycle II. Which been conclude that if HOTS-Based Inquiry Learning Model is applied, it can improve student’s critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Herlina, M.Pd. ; 2). Imaningtyas, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 24491 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2024 23:10
Last Modified: 11 Aug 2024 23:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49605

Actions (login required)

View Item View Item