ANALISIS KAMPANYE INFLUENCER MARKETING DALAM PEMASARAN DIGITAL PADA PLATFORM TIKTOK

DHEVYTA NABILA RAHMAN, . (2024) ANALISIS KAMPANYE INFLUENCER MARKETING DALAM PEMASARAN DIGITAL PADA PLATFORM TIKTOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan kampanye pada merek “Kata Oma” yang dilakukan oleh Dina Amrianti melalui platform TikTok. Penelitian ini menggunakan model TEARS (Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, and Similarity) yang dikemukakan oleh Shimp pada tahun 2014, yaitu kerangka kerja yang digunakan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan strategi pemasaran influencer. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jumlah informan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak tiga belas orang, terdiri dari dua orang dari brand “Kata Oma” dan sebelas orang followers dari akun @lordjajanofficial. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap informan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa kampanye influencer marketing pada merek “Kata Oma” yang dilakukan oleh Dina Amrianti melalui platform TikTok sudah berhasil dengan menggunakan model TEARS. Data wawancara dari ketigabelas informan kunci menunjukkan bahwa pengikut Dina Amrianti menganggap bahwa kepercayaan dan kejujuran dalam ulasannya tentang “Kata Oma” varian sambal balado adalah kunci dalam efektivitas kampanye influencer marketing. Dina berhasil memanfaatkan pengetahuan dan keahliannya dengan gaya ceria yang menarik minat audiens untuk mecoba produk “Kata Oma,” meskipun ada harapan untuk detail yang lebih mendalam dari audiens. ***** This study aims to identify the factors influencing the success of the campaign for the brand “Kata Oma” conducted by Dina Amrianti on the TikTok platform. This research employs the TEARS model (Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, and Similarity) proposed by Shimp in 2014, which is a framework used to understand the factors affecting the success of influencer marketing strategies. The research approach used in this study is a qualitative approach with a descriptive method. The number of informants involved in this study is thirteen, consisting of two people from the “Kata Oma” brand and eleven followers of the @lordjajanofficial account. Data collection techniques were conducted through in-depth interviews with the informants. The data analysis technique used in this study is the interactive model, which includes data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing or verification. The research findings indicate that the influencer marketing campaign for the “Kata Oma” brand conducted by Dina Amrianti on the TikTok platform has been successful using the TEARS model. Interview data from the thirteen key informants show that Dina Amrianti's followers consider trust and honesty in her reviews of the “Kata Oma” balado sambal variant to be key to the effectiveness of the influencer marketing campaign. Dina successfully leveraged her knowledge and expertise with a cheerful style that attracted the audience's interest in trying the “Kata Oma” product, although there is an expectation for more in-depth details from the audience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Agung Kresnamurti Rivai P, ST., MM. ; 2). Meta Bara Berutu, SE., MM
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > D IV Pemasaran Digital
Depositing User: Users 25179 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2024 23:29
Last Modified: 11 Aug 2024 23:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49624

Actions (login required)

View Item View Item