PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI MANAJEMEN BISNIS RITEL DI SMK TAMANSISWA 1 JAKARTA

WATI ANGGRAINI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI MANAJEMEN BISNIS RITEL DI SMK TAMANSISWA 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pendidikan penting untuk dilakukan oleh setiap individu. Pentingnya pendidikan bagi setiap individu harus disertai dengan kualitas pendidikan. Salah satu cara dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan meningkatkan media pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan guna mendapat kelayakan pada pengembangan media pembelajaran berbasis google sites dalam materi manajemen bisnis ritel kelas XI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode research and development (R&D) di SMK Tamansiswa 1 Jakarta. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Penggunaan model penelitian pada penelitian ini akan dibatasi hanya mencapai tahap Implementation. Tahap Implementation yang diterapkan adalah dengan melaksanakan uji coba kelompok kecil kepada 10 siswa kelas XI Bisnis Ritel 1. Peneliti juga akan menerapkan tahapan penelitian dan pengembangan level 3 yang dijabarkan oleh Sugiyono (2022), dimana dalam penelitian dan pengembangan level 3 peneliti akan melaksanakan penelitian untuk mengembangkan produk yang telah ada, membuat produk dan menguji validasi produk tersebut. Uji validasi akan dilaksanakan oleh ahli media, ahli materi dan pendidik. Hasil uji validasi ahli media pada tahap I mendapat persentase 94%, dan pada tahap II mendapat persentase 96% yang dapat dikategorikan sangat valid dan sangat layak. Uji validasi ahli materi pada tahap I mendapat persentase 60%, dan pada tahap II mendapat persentase 82% yang dapat dikategorikan valid dan layak. Uji validasi oleh pendidik mendapatkan persentase sebesar 92% yang termasuk dalam kelompok sangat valid dan sangat layak. Kemudian, uji coba kelompok kecil yang dilaksanakan kepada 10 siswa menunjukkan hasil persentase 84.4% yang dikategorikan valid dan layak. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwasannya media pembelajaran berbasis google sites dinyatakan layak dan dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar. ***** The implementation of education is important for every individual. The importance of education for every individual must be accompanied by quality education. One method for working on the nature of training is to further develop the learning media applied in schools. This examination means to decide the plausibility of creating Google Sites-based learning media in class XI retail business management material. At SMK Tamansiswa 1 Jakarta, the research and development (R&D) method was used to carry out this study. The ADDIE model is the development model used in this study. The utilization of examination models in this exploration will be restricted to the Implementation stage. did is by directing little gathering preliminaries on 10 understudies in class to foster existing items, make items and test the viability of these items. However, in this research the researcher will not test the effectiveness of the product but will only test the validity of the product. Educationalists, material experts, and experts in the media will conduct validation tests. The media expert validation test results in stage I got a percentage of 94%, and in stage II got a percentage of 96% which can be classified as extremely valid and realizable. The material expert validation test in stage I got a percentage of 60%, and in stage II got a percentage of 82% which can be categorized as valid and feasible. The validation test by educators obtained a percentage of 92 remembered for the exceptionally legitimate and very feasible group. After that, a small group trial with 10 students produced a percentage result of 84.4%, which was deemed to be both valid and practical. The aftereffects of this innovative work show that Google Sites-based learning media is pronounced doable and can be applied in the educational experience.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd, M.M. ; 2). Nadya Fadillah Fidhyallah, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 24889 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2024 22:50
Last Modified: 12 Aug 2024 22:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49683

Actions (login required)

View Item View Item